3 Buku Presentasi Terbaik di Tahun 2015

3 Buku Presentasi Terbaik di Tahun 2015Apa saja buku presentasi terbaik yang ditulis oleh penulis Indonesia dan terbit di sepanjang tahun 2015 ini? Dan buku presentasi keren apa yang paling layak dinobatkan sebagai Presentation Book of the Year 2015.

Apa saja tiga buku presentasi itu? Dan apa saja isinya? Saya akan bedah satu demi satu dengan bahasa yang sederhana.

Presentasi temasuk tema yang kurang popular/diminati di kalangan penulis, kadang sangat sulit menemukan buku presentasi dalam bahasa Indonesia apalagi yang ditulis oleh penulis Indonesia, paling jumlanya hanya puluhan tidak sampai ratusan.

Saya sering bolak-balik toko buku tapi rata-rata adalah buku komunikasi seperti buku tentang cara menjadi Presenter TV, MC, dan yang berhubungan tentang Broadcasting.

Sangat jarang buku yang membahas tentang teknik presentasi, namun dalam kondisi ini ada ada 3 buku yang layak dinominasikan sebagai Presentation Book of the Year 2015.

buku great presentationBuku pertama adalah buku berjudul Great Presentation. Karya Rona Binham pendiri RonaPresentasi.net, pernah bekerja sebagai Dosen luar biasa di FKIP BK Universitas Muria Kudus & pendidik di salah satu SMK di Kabupaten Cilacap.

Perjalananya dalam dunia presentasi cuku panjang, diawali dengan menjadi team di Presentasi.net menjadikanya berpengalaman dalam bidang presentasi.

Buku Great Presentation menurut saya adalah buku yang lengkap, buku ini secara eksploratif membahas 4 point penting dalam presentasi

1# Menyusun konten presentasi, tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas presentasi kita ditentukan juga oleh kualitas materi yang kita susun, semakin mudah difahami maka semakin bagus.

2# Mendesain slide presentasi, tentu saja slide presentasi menjadi komponen yang tidak boleh dilupakan, buku ini membahas dasar2 mendesain slide presentasi yang kuat secara karakter dan mampu menyampaikan pesan dengan efektif.

3# Menyampaikan presentasi, anda akan mendapatkan tips bagaimana menyampaikan presentasi yang menyenangkan dan audiens tetap mendapatkan manfaat yang maksimal. Juga ada tambahan cara mengoptimalkan bahasa tubuh.

4# Faktor penting lainnya, ada beberapa tambahan dalam buku ini yang menurut saya juga penting seperti cara mempersiapkan dan menggunakan peralatan presentasi, cara mengatasi grogi sampai cara menghadapi tanya jawab.

Bisa disimpulkan buku ini cocok untuk anda yang ingin tahu banyak tentang presentasi, apalagi untuk anda yang benar-benar pemula karena dengan membaca buku ini anda akan dapat banyak hal.

buku amazing slide minimaxKandidat kedua Presentation Book of the Year 2015 adalah buku Amazing Slide MiniMAX karya Dhony Firmansyah yang ditulis dari hasil belajar desain slide presentasi  kepada Garr Reynolds (Author World Best Seller Book Presentation Zen & Presentation Zen Design) selama di Jepang.

Buku Amazing Slide MiniMAX membahas tentang pendekatan desain slide yang memadukan konsep Minimalism dari dunia barat (West layout: eropa dan Amerika) dipadukan dengan konsep tata ruang Zen dari dunia timur (East layout: China dan Jepang).

Saya akan bahas sedikit 2 konsep utama yang ada dibuku ini, konsep yang pertama adalah minimalis dan konsep yang kedua adalah maksimalis.

Konsep minimalis yang dimaksud oleh Dhony Firmansyah adalah slide yang dibuat memiliki desain yang minimalis. Minimalis berarti memiliki ruang kosong yang lebar, bentuk simetris dan pola berulang.

Konsep maksimalis, Jika konsep minimalis merupakan konsep dari desain slide (tampilan), maka konsep maksimalis adalah konsep bagaimana menyampaikan presentasi melalui desain yang telah dibuat.

Jadi sederhanaya konsep MiniMax adalah cara medesain slide dengan pendekatan barat dan timur + cara menyampaikan slide presentasi yang sudah dibuat.

Buku ini cocok untuk anda ingin belajar konsep desain slide yang berbeda dengan pendekatan konsep dunia barat (West layout: eropa dan Amerika) dan dunia timur (East layout: China dan Jepang).

buku Slide Design MasteryKandidat yang ketiga adalah buku Slide Design Mastery, bagi anda yang sudah rutin membaca blog trainingpresentasi.net pasti tahu buku ini, iya ini adalah buku karya saya (Mustofa Thovids).

Apa yang menjadi nilai lebih buku ini?

Sebenarnya buku Slide Design Mastery banyak kurangnya, kenapa? Karena Anda tidak akan menemukan teknik presentasi seperti cara menyampaikan slide yang anda buat atau menghilangkan rasa takut, cara menjawab pertanyaan dan teknik presentasi yang lainnya.

Ini karena ketika saya menulis buku Slide Design Mastery fokus saya adalah “fokus dan mendalam”. Fokus artinya saya hanya membahas cara mendesain slide presentasi, mendalam artinya saya tidak mau isi pembahasanya setengah-setengah, harus detail dan tuntas.

Buku Slide Design Mastery menbahas detail komponen penting yang anda gunakan dalam mendesain slide presentasi, seperti:

Tipografi,memebahas tentang penggunaan font dan cara kreasinya dalam medesain slide, bagaimana memilih font sesuai karakter audiens sampai resource yang anda butuhkan untuk mengoptimalkan tipografi.

Image,semua tentang gambar dan background disini, dari mulai cara mendapatkan gambar berkualitas sampai mengatur layout dan mengoptimasi (editing) bentuk gambar yang tepat.

Color,warna bisa jadi karakter yang kuat dalam medesain slide, buku ini membahas psikologi warna dan aplikasinya kedalam slide sehingga menampilkan slide yang harmonis.

Chart, untuk anda yang sering presentasi dalam bentuk grafik buku ini juga membahasnya,, memberikan wawasan bagaimana seharusnya menampilkan grafik supaya tampilanya lebih menarik dan mudah difahami.

Beberapa point penting lain juga dibahas seperti rumus desain slide yang baik, sumber daya online yang bisa anda manfaatkan gratis dilengkapi dengan contoh slide yang berwarna sehingga membaca buku ini serasa bermain tapi isinya tidak main-main.

Buku ini cocok untuk anda yang ingin belajar desain slide presentasi secara mendalam dan detail tanpa perduli anda baru belajar membuat slide tadi malam ataupun sudah professional.

Ketiga buku di atas bagus, layak dibeli, dan dibaca karena mampu memberikan inspirasi dalam meningkatkan skill presentasi. Lalu manakan dari ketiga buku presentasi terbaik di tahun 2015 ini yang paling layak dinobatkan sebagai Presentation Book of the Year 2015.

Sebenarnya sulit untuk membuat pilihan karena walaupun ketiga buku diatas memiliki tema yang sama tentang presentasi tapi fokus pembahasan isinya benar-benar berbeda antara satu dengan yang lain, tapi akhirnya saya harus membuat pilihan.

Akhirnya saya memilih buku Great Presentation karya Rona Binham untuk dinobatkan sebagai Presentation Book of the Year 2015.

Alasanya apa? Karena diawal ketika anda belajar presentasi anda harus tahu gambaran besarnya dulu sehingga anda dapat mengoptimalkan semua komponen dengan baik dan ini bisa anda dapatkan dari buku Great Presentation.

Jika anda sudah belajar dari buku Great Presentation saya sarankan anda melanjutkan ke buku Slide Design Mastery untuk belajar lebih detail dan dalam tentang desain slide presentasi, dan terakhir anda sempurnakan pengetahuan anda dengan buku Amazing Slide MiniMAX sehingga presentasi anda benar-benar berkelas dunia.

Mau Dikirimkan Artikel Seperti Ini via Email?
Lebih dari 13.729 orang telah bergabung, Anda akan belajar bagaimana menyampaikan presentasi memukau dan mendesain slide presentasi yang profesional langsung ke email anda. Tidak dipungut biaya.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Gratis
E-Book & 5 Slide Presentasi Profesional

Silahkkan masukan nama dan email Anda di form registrasi berikut ini untuk menerima link download yang akan dikirim langsung ke email Anda