Cara Download dan Install Font Untuk Mempercantik Slide Presentasi

fontPernah melihat orang lain menggunakan font yang unik di slide presentasi mereka yang tidak pernah ada di Laptop/PC Anda?

Sekarang Anda juga bisa melakukan hal yang sama, membuat orang bertanya-tanya:

Bagaimana bisa slide presentasi Anda memiliki font yang unik dan menarik”.

Inilah cara download dan install font untuk mempercantik slide presentasi, tidak hanya cara install tapi juga cara downloadnya sehingga tampilan slide presentasi Anda akan benar-benar berubah.

Anda harus tahu bahwa setiap jenis font juga memiliki karakter yang berbeda, Ada banyak jenis font dan saya sudah membahasnya di panduan tipografi.

Yang terpenting dalam pemakaian font, Anda jangan berlebihan memasukkan terlalu banyak tipe font yang berbeda ke dalam 1 slide presentasi.

Anda bisa hanya menggunakan 1 jenis font atau memakai font rules 2 optimal 3 maksimal yang artinya jangan memasukkan lebih dari 3 jenis font ke dalam slide presentasi karena itu akan membuat slide Anda jadi kurang menarik.

Cara Download dan Install Font Custom

Font custom adalah font yang tidak teristall otomatis di Powerpoint (bukan font bawaan) sehingga harus menginstall terlebih dahulu di komputer Anda supaya bisa digunakan.

Ada banyak website penyedia font gratis yang bisa Anda pilih, bahkan Anda group facebook yang khusus membahas tentang jenis font, Anda tinggal upload gambar font maka admin atau teman yang lain akan menjawab jenis font tersebut.

Soal website penyedia font salah satu yang sering saya rekomendasikan untuk peserta training Slide Design Mastery adalah fontsquirrel.com disini Anda bisa download font sesuai kebutuhan.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menuju website tersebut lalu memilih font yang Anda butuhkan dan langsung download, tanpa perlu daftar terlebih dahulu, jadi sangat praktis.

Cara Download dan Install Font Untuk Mempercantik Slide Presentasi

fontsquirrel.com

Saya anggap sekarang Anda sudah mendownload font, sekarang langkah selanjutnya adalah install font.

Buka file font yang sudah Anda download. Klik pada: namafile.ttf maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Cara Download dan Install Font Untuk Mempercantik Slide Presentasi

Cara Install Font Untuk Mempercantik Slide Presentasi

Langsung klik install, jika proses install sudah selesai sekarang Anda cek apakah font sudah terinstall atau belum.

Cara yang paling sederhana coba buka Microsoft Powerpoint lalu cek pada daftar font apakah sudah terlihat atau belum.

Jika Anda menginstall font pada saat Microsoft Powerpoint aktif maka close terlebih dahulu baru di buka kembali.

Tapi ingat, salah satu kelemahan menggunakan font custom adalah text/ font akan berantakan atau bahkan tidak terbaca apabila file PPT milik Anda dibuka di komputer yang berbeda (tidak terinstall font costom).

Solusinya saat menyimpan file PPT Anda harus embed font (mengunci font) terlebih dahulu atau mengubah format file dari PPT menjadi PDF supaya bisa terbaca di semua di komputer.

Cara Mengunci Font Custom di Slide Presentasi Powerpoint

Apakah di computer Anda ada font custom?

Dulu saya pernah punya pengalaman kurang menyenangkan, font custom yang saya gunakan untuk slide presentasi powerpoint tidak terbaca di komputer yang lain.

Saya harus menginstall font tersebut terlebih dahulu baru slide Powerpoint yang saya gunakan bisa terbaca.

Sedikit memakan waktu dan menyulitkan tentunya karena harus kerja 2x, jangan sampai Anda mengalami hal tersebut.

Inilah cara embed font (mengunci font) custom sehingga font yang Anda gunakan bisa tetap terbaca di komputer yang lain walaupun tidak terinstall font yang sama seperti yang Anda gunakan.

Untuk embed font custom ikuti langkah berikut:

Buka slide Powerpoint Anda → menu File → Options

Akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

cara mengunci font custom di slide presentasi Powerpoint

cara embed font custom

langsung pilih menu Save → langsung menuju halaman paling bawah dan beri centang pada “embed fonts in the file” (lihat gambar) → OK

Cara lain yang bisa Anda gunakan dengan menyimpan slide kedalam format PDF, ini sangat berguna jika slide presentasi akan dibagikan sebagai bahan referensi saja.

menyimpan font slide presentasi keren dalam bentuk pdfLangsung pilih menu file → klik save → ubah save as type menjadi PDF → save

Atau Anda bisa menyimpan slide dalam format JPG, caranya sama seperti menyimpan dalam format PDF hanya save as type-nya di ubah JPG.

setelah semua slide tersimpan dalam bentuk JPG kemudian memasukan lagi satu persatu  gambar JPG kedalam slide sehingga font tidak berubah + tidak bisa diedit tapi cukup merepotkan memang.

Sekarang Anda dapat memindah file slide presentasi powerpoint di computer manapun tanpa takut font yang digunakan berubah.

Jika Anda punya referensi website penyedia font atau cara install font yang lain silahkan share di kolom komentar.

Anda sudah menyelesaikan 2 dari 4 bab

KEMBALI KE BAB 1
DAFTAR ISI
LANJUT KE BAB 3

Mau Dikirimkan Artikel Seperti Ini via Email?
Lebih dari 13.729 orang telah bergabung, Anda akan belajar bagaimana menyampaikan presentasi memukau dan mendesain slide presentasi yang profesional langsung ke email anda. Tidak dipungut biaya.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Ada pertanyaan atau komentar?

One comment on “Cara Download dan Install Font Untuk Mempercantik Slide Presentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Gratis
E-Book & 5 Slide Presentasi Profesional

Silahkkan masukan nama dan email Anda di form registrasi berikut ini untuk menerima link download yang akan dikirim langsung ke email Anda