Memanfaatkan Hyperlink dan Trigger untuk Menampilkan Presentasi Pendidikan yang Interaktif

presentasi guru
photo credit: wisnusumarwan.wordpress.com

Bisa jadi hyperlink dan trigger adalah salah satu fitur dalam Powerpoint yang jarang digunakan, tapi teryata memiliki manfaat yang besar untuk menampilkan presentasi yang interaktif, khususnya presentasi pendidikan.

Kenapa presentasi pendidikan, bukan yang lain?

Untuk presentasi perusahaan atau public seperti yang sering saya lakukan penggunaan hyperlink dan trigger ini sangat jarang karena cara penggunaanya harus “klik pada layar” sehingga tidak praktis, kita akan bolak-balik ke layar monitor kecuali ada team yang membantu.

Bebeda dengan presentasi pendidikan yang sering dilakukan oleh mahasiswa, guru maupun dosen yang dilakukan di ruang kelas. Rasanya tidak masalah jika harus klik pada layar.

Tapi bagi Anda yang berada diluar lingkungan pendidikan juga tidak ada salahnya untuk belajar karena tetap bisa Anda aplikasikan khususnya untuk presentasi kelompok kecil/ diskusi.

Penyajian Presentasi Linear dan Non-Linear

Dari cara penyajianya presentasi bisa dibedakan menjadi dua yaitu presentasi dengan pendekatan linear dan presentasi dengan pendekatan non-linear.

Presentasi linear adalah jenis presentasi yang umum digunakan oleh banyak orang (termasuk saya) dimulai dari slide pertama (nomer 1) berlanjut sampai slide yang terakhir.

Kelebihan dari presentasi ini adalah Anda dapat mengendalikan slide dari jarak jauh menggunakan clicker/ pointer bahkan bisa juga di setting otomatis supaya berjalan sendiri seperti video.

kelemahan dari presentasi ini jika ingin melompat ke slide tertentu Anda harus memaju-mundurkan slide satu-persatu.

Sedangkan presentasi non-linear adalah presentasi bebas. Anda bisa berpindah dari satu slide ke slide lainnya sesuai perintah yang diaplikasikan pada tombol navigasi (tombol navigasi ini sudah dibuat terlebih dahulu).

Kelebihannya Anda bisa mengundang keterlibatan audiens untuk menentukan slide mana yang mau dibahas dulu, membuat daftar ini atau kuis/ pilihan ganda (lebih bersifat interaktif).

Kelemahan presentasi ini Anda selalu membutuhkan keterlibatan orang lain (atau anda sendiri) karena cara penggunaanya yang “klik pada layar”.

Walaupun saya bilang kelebihan dan kelemahan itu sifatnya relatif karena semua kembali lagi pada kebutuhan presentasi Anda seperti apa.

Yang saya amati untuk presentasi pendidikan (sebagian besar) memang lebih menyenangkan dan interaktif jika menggunakan pendekatan non-linear dengan memanfaatkan hyperlink dan trigger.

Kenapa Harus Menggunakan Hyperlink

Kadang ketika melakukan presentasi kita mempunyai materi tambahan yang tidak bisa dimasukan ke dalam slide seperti video yang ukurannya terlalu besar, artikel di dalam website atau yang lain maka hyperlink akan mempermudah anda.

Atau ketika anda ingin loncat ke halaman slide yang lain maka gunakanlah hyperlink.

Fungsi hyperlink adalah untuk membuat “pintu ajaib” menuju slide yang lain, pergi ke halaman website atau ke dalam folder pada komputer Anda.

Cara Membuat Hyperlink di Powerpoint

Sebelum membuat hyperlink Anda siapkan dulu tombol navigasi yang nantinya akan di klik setelah itu baru diberikan hyperlink sesuai dengan tujuan Anda.

cara membuat hyperlink di powerpoint 2010

1. Klik pada tombol navigasi yang sudah anda siapkan, saya biasanya menggunakan shapes atau icon.

2. Pilih menu insert → hypertlink, selanjutnya akan muncul pop up yang berisi pilihan link hyperlink.

Membuat Hyperlink ke Halaman Website

Lakukan hal berikut ini jika ingin ketika tombol navigasi di klik maka presentasi Anda akan berpindah menuju halaman website.

cara membuat hyperlink di powerpoint 2010

3. Pilih menu Existing File Or Web Page → Browsed Page

4. Pada menu Address isikan url website tujuan, setelah itu klik OK

Membuat Hyperlink untuk Membuka File di Dalam Komputer

Lakukan hal berikut ini jika ingin ketika tombol navigasi di klik maka Anda akan membuka salah satu file yang ada didalam komputer.

cara membuat hyperlink di powerpoint 2010

6. Pilih menu Existing File Or Web Page →

7. Pilih Browsed Page

8. Pilih file yang ingin Anda buka ketika tombol navigasi di klik, setelah itu klik OK

Membuat Hyperlink Menuju Halaman Slide yang Lain

Lakukan hal berikut ini jika ingin ketika tombol navigasi di klik maka slide presentasi akan berpindah menuju halaman slide yang lainnya, ini jenis hyperlink yang paling sering digunakan.

cara membuat hyperlink di powerpoint 2010

9. Klik menu Place In This Document,

10. Silakan Anda pilih slide yang akan Anda tuju ketika tmbol navigasi di klik, kemudian klik OK.

Kenapa Harus Menggunakan Trigger

Untuk membuat presentasi pendidikan yang interaktif Anda bisa membuat game didalam kelas dengan menggunakan fungsi trigger di Powerpoint.

Misalnya Anda membuat game berupa kuis (seperti video di atas) yang jawabanya pilihan ganda. Ketika di klik jawaban A akan muncul pemberitahuan “benar” secara otomatis.

Ketika di klik jawaban B  akan muncul pemberitahuan “salah” secara otomatis. Untuk membuat animasi seperti itu Anda bisa menggunakan trigger.

Fungsi Trigger adalah untuk memicu suatu animasi bergerak dengan menggunakan tombol berupa objek pada powerpoint. Sama seperti definisi trigger sendiri yaitu “pemicu”.

Cara Membuat Trigger di Powerpoint

Disini saya memberikan contoh game kuis untuk para siswa, saya sudah menyiapkan halaman slide berupa pertanyaan dan jawaban yang dipilih.

Sebelum membuat trigger terlebih dahulu Anda siapkan objek yang akan muncul ketika tombol “pemicu” di klik.

trigger 1

1. Objek (selamat, anda benar) yang akan muncul ketika tombol “pemicu (trigger)” di klik.

2. Tambahkan animasi jenis entrance effect pada objek no.1, saya pilih animasi fade

3. Atur animasi di animation panel

trigger 2

Sekarang waktunya memasang trigger, perhatikan bagian animation panel. klik pada animasi yang sudah Anda berikan dan pilih menu timing. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

trigger 3

Sekarang Anda hanya perlu setting tombol triggernya saja, pada bagian start effect on click of saya memilik jawaban “A” sebagai tombol trigger.

Artinya jika siswa menjawab “A” dan saya klik tombol “A” pada layar komputer maka akan muncul tampilan “selamat, anda benar”.

Supaya objek trigger (selamat, anda benar) bisa menghilang sendiri maka Anda juga harus menambahkan satu lagi efek animasi.

trigger 4

1. Tambakan animasi menghilang pada objek (selamat, anda benar).

2. Menambahkan efek baru pada objek

3. Tambahkan animasi jenis exit effect pada objek, saya pilih animasi fade

4. Posisikan animasi exit effect dibawah animasi entrance effect. Atur animasi supaya hilang secara otomatis (tanpa klik) dengan setting start = after previous.

Lakukan hal yang sama pada objek yang lain, mungkin diawal Anda masih kesulitan tapi lama-lama akan jadi mudah dan terbiasa. 

Untuk membantu Anda baca juga Bab 1 dari panduan ini yang membahas lebih detail tentang cara penggunaan animasi pada powerpoint.

Contoh Aplikasi Slide Presentasi Pendidikan yang Memanfaatkan Hyperlink dan Trigger

Bagaimana jadinya jika Anda menggunakan hyperlink dan trigger dalam satu presentasi pendidikan? tentu saja hasilnya akan sangat luar biasa.

Berikut ini adalah contoh slide presentasi pendidikan yang memanfaatkan hyperlink dan trigger sehingga slidenya menjadi interaktif dan menarik untuk diikuti.

Untuk mendapatkan format powepoint dari slide presentasi pendidikan diatas silahkan klik disini.

Anda sudah menyelesaikan 2 dari 2 bab

KEMBALI KE BAB 1

Ada pertanyaan atau komentar?

One Comment

  1. Perkenalkan… Saya Jonathan. Saya adalah seorang pelajar smp. Sejak kls 4 sd saya sudah tertarik dengan pp. Bahkan saya sudah bisa menggabungkan shapes (combine shapes) dan masih banyak lagi. Yang saya tanyakan adalah bolehkah saya memperoleh template yang ada pada bab 2 secara gratis? Hanya ini permohonan saya. Sekian dan trima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *