Panduan Cepat Memilih Background Presentasi yang Menarik

layout

Otak memproses informasi visual 60.000 kali lebih cepat dari pada informasi berupa teks.

Peryataan diatas memang benar adanya, Ini adalah fakta yang menarik karena teryata hal tersebut membuktikan bahwa Anda tidak cukup efektif apabila hanya menyampaikan presentasi secara verbal saja tanpa dibantu adanya slide presentasi yang visual.

Apalagi otak kita memproses bahasa secara visual, 90% informasi yang masuk ke otak adalah berupa visual. Coba sekarang Anda bayangkan gajah sambil mata terpejam saya yakin yang terlihat adalah gambar hewan Gajah bukan tulisan G.A.J.A.H.

Inilah teknik terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mendesain slide powerpoint yang menarik, kuat secara visual dan prefesional yaitu dengan mengoptimalkan penggunaan gambar di dalam slide.

Gambar dan background presentasi adalah hal yang sangat penting didalam desain slide powerpoint. Karena sangat menunjang efek visual yang ditimbulkan dari slide powerpoint.

Bayangkan Anda melihat banyaknya iklan di jalan raya, berapa banyak iklan yang menarik perhatian Anda? Saya yakin iklan yang mampu manarik perhatian Anda adalah iklan dengan gambar/background yang menarik.

Teryata pola ini juga berlaku pada slide powerpoint, oleh karena itu Anda harus memahami cara memilih gambar & background presentasi yang tepat. Penggunaan gambar/background yang tidak tepat akan membuat presentasi Anda menjadi kurang efektif.

Banyak orang yang salah menggunakan gambar sehingga slide powerpointnya tidak sesuai pesan, audiens malah binggung mencerna pesan karena gambar yang digunakan tidak sesuai dengan isi presentasi.

4 Hal yang Harus di Hindari Ketika Memilih Gambar & Background Presentasi

Dalam slide presentasi yang umum digunakan, 4 hal ini masih sering terjadi. Tapi untuk presentasi modern 4 hal ini adalah sebuah kesalahan yang harus dihindari.

Alasanya sederhana, 4 hal ini menjadikan slide presentasi Anda terkesan tidak profesional seperti membuat slide ala kadarnya (gugur kewajiban) dan tidak juga mampu menyampaikan pesan secara efektif.

4 Cara Memilih Gambar Background Presentasi Power Point

1. Clip Art

Teryata masih banyak presenter yang menggunakan clip art padahal gambar yang nyata jauh lebih efektif dan hidup karenan mampu mengambarkan pesan dengan lebih baik.

Penggunaan clip art tidak akan banyak membatu presentasi Anda karena secara emosional audiens tidak tertarik dengan clipart. Prinsipnya kerjanya sederhana, otak manusia lebih tertarik kepada hal yang memiliki kesamaan dengan dirinya, sehingga mereka lebih tertarik terhadap gambar yang nyata.

Pemakaian clip art juga menggurangi kesan profesional dalam slide presentasi Anda. Hal ini juga menunjukan Anda malas mencari gambar dan terkesan apa adanya.

Sebagai alternatif pengganti clip art Anda bisa menggunakan icon dan simbol. Ada banyak website yang menyediakan icon atau symbol seperti fancyicons, iconspedia dan iconfinder.com. Untuk contoh slide yang menggunakan icon & simbol silahkan lihat disini.

2. Ukuran Kecil

Hindari gambar dengan kuran kecil (resolusi rendah), gambar dengan ukuran kecil kurang memiliki dampak visual terhadap presentasi Anda, gambar dengan ukuran kecil tidak bisa menarik emosi audiens dan hanya berfungsi sebagai dekorasi bukan alat bantu visual.

Gambar yang kecil jika diperbesar cenderung akan terlihat pecah, akibatnya terlihat tidak jelas. Hindari penggunaan gambar seperti ini, akan lebih baik jika Anda mencari gambar yang lain.

Jika Anda terbiasa mencari gambar di google dan sudah menemukan gambar yang tepat maka Anda hanya perlu mencari gambar sejenis dengan ukuran/resolusi yang lebih besar.

Klik kanan pada gambar → pilih telusuri google untuk gambar ini (perhatikan lingkaran merah) – saya menggunakan browser chrome.

Panduan Cepat Memilih Background Presentasi yang Menarik

3. Watermark

Terkadang ketika Anda mendownload gambar teryata terdapat watermark, jangan menggunakan gambar seperti ini karena akan selain merusak konsentrasi audiens juga meninggalkan kesan kurang baik.

Gambar yang terdapat watermark berarti gambar tersebut memiliki hak cipta & Anda menggunakannya tanpa ijin dari pemilik yang sah. Walaupun gambar yang tidak memiliki watermark Anda tetap harus membaca dulu apa lisensi gambar tersebut apakah boleh digunakan secara bebas.

Di bab berikutnya saya akan membahas detail dimana Anda bisa mendownload gambar yang bebas untuk Anda gunakan secara gratis.

4. Proposional

Ini hal sederhana tapi sering terlupak yaitu proposianal gambar, proses editing gambar yang salah menyebabkan ukuran gambar menjadi tidak proposiaonal.

Gambar yang tidak proposional sama dengan merusak gambar sehingga tidak bisa dinikmati. Seringkali terjadi karena kita ingin membuat gambar terlihat pas dengan layar sehingga menariknya secara tidak proposional.

Biasanya ditarik kesamping dan ke atas menyesuaikan lebar slide powerpoint, cara yang benar adalah dengan menarik dari pojok atau gunakan pengaturan di menu format powerpoint. klik pada gambar → pilih menu format (Anda akan menemukan pengaturan lebar & tinggi gambar – perhatikan lingkaran merah).

Panduan Cepat Memilih Background Presentasi yang Menarik

3 Cara Memilih Gambar & Background Presentasi yang Menarik.

Bukan hanya gambar terlihat menarik tapi perhatikan 3 hal berikut supaya pesan Anda tersampaikan secara maksimal, karena gambar adalah alat visualisasi bukan sekedar dekorasi.

1. Resolusi

Tidak semua gambar bisa Anda gunakan untuk slide powerpoint, Anda harus memilih gambar dengan resolusi tinggi (High Definition) sehingga tampilannya jelas dan bersih ketika Anda gunakan untuk slide powerpoint.

Jangan memaksakan menggunakan gambar dengan resolusi rendah kerena akan tampak buram atau bisa pecah sehingga slide powerpoint Anda tidak menarik dan tidak bisa memuaskan audiens secara visual, pesan yang hendak Anda sampaikan juga tidak bisa diterima dengan baik oleh audiens.

Cara termudah untuk melihat resolusi gambar yang tepat adalah dengan memastikan ukuran full HD 1920×1080 atau minimal 1280 x 960, 72dpi. Dengan menggunakan ukuran tersebut Anda tidak perlu khawatir slide Anda akan terlihat pecah atau buram.

Jika Anda tidak menemukan gambar dengan ukuran diatas maka cara lain Anda bisa memakai ukuran diatas 100kb atau dengan insert gambar terlebih dahulu kedalam slide lalu slide show, jika gambarnya tidak pecah berarti Anda bisa menggunakannya.

Before3 Cara Memilih Gambar Background Presentasi yang Menarik After3 Cara Memilih Gambar Background Presentasi yang Menarik

2. Relevan

Bukan hanya sekedar menggunakan gambar tapi Anda harus memastikan adanya kesesuaian pesan dengan gambar yang Anda gunakan.

Gambar yang Anda gunakan bukan untuk dekorasi tapi sebagai unsur desain yang artinya harus ada fungsinya ketika gambar tersebut digunakan.

Dalam mendesain slide, gambar yang digunakan haruslah mampu memperkuat pesan yang Anda sampaikan. Gambar tersebut harus mampu mem-visualisasikan pesan Anda dan menjadi alat bantu untuk Anda dan Audiens.

Untuk Anda artinya bisa menjadi bahan contekkan ketika Anda lupa materi dan untuk audiens berarti bisa memperkuat pesan yang Anda sampaikan.

Before3 Cara Memilih Gambar Background Presentasi yang Menarik After3 Cara Memilih Gambar Background Presentasi yang Menarik

Jika Anda ingin menceritakan jumlah prosentase wanita yang bekerja paruh waktu, tentu slide yang menggunakan gambar perempuan membawa laptop lebih relevan dari pada perempuan yang membawa tas belanjaan.

Penggunaan gambar yang tepat tentu akan memudahkan audiens memahami dan mengingat presentasi Anda.

3. Maksimalkan

Dalam beberapa kasus sering saya jumpai penggunaan gambar yang tidak maksimal, presenter memasang gambar dengan ukuran yang terlalu kecil sehingga efek visual dari gambar tersebut tidak dapat dirasakan audiens.

Yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkan ukuran dari gambar tersebut sehingga bisa dilihat dengan jelas oleh audiens.

Before3 Cara Memilih Gambar Background Presentasi yang Menarik After3 Cara Memilih Gambar Background Presentasi yang Menarik

Dengan memaksimalkan ukuran gambar maka dampak visual pada slide powerpoint bisa langsung dirasakan oleh audiens.

Slide powerpoint dengan ukuran gambar yang maksimal juga dengan mudah mampu menarik perhatian dan menyampaikan pesan lebih baik dari pada slide dengan ukuran gambar yang kecil.

Sebelum menggunakan gambar untuk slide presentasi pelajari dulu lisensi gambar sehingga tidak ada masalah dikemudian hari apalagi jika gambar tersebut Anda gunakan untuk tujuan komersial.

Saya pribadi lebih sering menggunakan gambar dengan dengan lisensi CC0 atau Creative Commons Zerokarena gambar dan foto dengan lisensi CC0 adalah gambar dan foto gratis bebas royalti yang bisa Anda gunakan.

Setiap gambar degan lisensi CC0 berarti pembuatnya telah mendedikasikan ciptaan tersebut sebagai Public Domain dan mengabaikan semua hak-haknya atas ciptaan tersebut di seluruh dunia di bawah hukum hak cipta (no rights reserved).

Artinya, Anda bebas mendownload, melakukan copy-paste & bisa memodifikasi gambar dan foto tersebut ke dalam slide presentasi Anda secara sah tanpa melanggar hak kekayaan intelektual pemiliknya walaupun tanpa meminta izin dan memberikan atribusi apapun bahkan untuk tujuan komersial.

Anda sudah menyelesaikan 1 dari 5 bab

DAFTAR ISI
LANJUT KE BAB 2

photo credit: plansmartnj, inmagine

Ada pertanyaan atau komentar?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *