Cara Mengatur Layout Background Presentasi Powerpoint

Cara Mudah Mengatur Layout Background Presentasi Powerpoint

Cara Mudah Mengatur Layout Background Presentasi PowerpointTidak ada aturan yang baku untuk meletakkan sebuah gambar (layout) di dalam slide presentasi, tapi biasanya permasalahan muncul ketika Anda hendak memasukkan lebih dari satu gambar.

Tentunya Anda tidak mungkin sekadar menaruh gambar tanpa memperhatikan efek keindahan dan fungsi gambar tersebut, karena layout berfungsi mengoptimalkan tata letak sehingga tampilannya terlihat lebih menarik.

Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi

Ini adalah beberapa referensi layout yang saya buat, semoga bisa menjadi inspirasi Anda dalam mendesain slide.

Anda tidak harus terpaku dengan layout seperti di bawah ini, Anda bisa menciptakan layout sesuai kreasi Anda, tentunya dengan tetap memperhatikan fungsi & tujuan penggunaan gambar.

beforeMengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi afterMengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi Mengatur Layout Gambar/ Background Presentasi

Dengan memanfaatkan teknik layout, slide presentasi Anda akan tampak sederhana, indah, dan efektif. Sederhana dalam desain, indah secara tampilan, dan efektif dalam menyampaikan pesan kepada audiens.

Layout yang bervariasi akan mengurangi rasa jenuh audiens dan menimbulkan kesan fresh sehingga audiens merasa penasaran dan ingin terus melihat presentasi yang sedang disampaikan.

Tapi jangan lupa perhatikan juga repetition dari tiap slide presentasi, karena jika tidak ada repetition maka slide presentasi akan terkesan berdiri sendiri (tidak nyambung) & terkesan dipaksakan (tidak natural).

The power of Faces to Get Attention

Banyak presenter yang tidak sadar bahwa mengatur layout background presentasi juga merupakan hal yang penting.

Ketika Anda salah memposisikan gambar dalam slide presentasi maka akan berpengaruh terhadap perhatian audiens, khususnya gambar-gambar yang berisi wajah (faces).

Saya belajar cara mengatur layout background presentasi powerpoint dengan teknik presentasi the power of faces to get attention, teknik presentasi ini saya pelajari dari buku presentationzen karya Garr Reynolds.

Tidak hanya gambarnya saja yang harus sesuai dengan pesan tapi Anda juga harus tahu bagaimana posisi yang efektif ketika kita mendesain gambar faces, kesalahan dalam menempatkan posisi bisa membuat perhatian audiens tertuju pada hal lain (tidak sesuai dengan yang Anda inginkan).

Secara natural mata audiens akan melihat ke mana arah gambar faces melihat, apa bila kita menaruh teks maka harus menaruhnya pada arah faces tertuju.

Cara ini akan membuat audiens segera melihat pesan Anda dan secepat mungkin memahaminya. Secara sederhana Anda menuntun audiens pada objek yang Anda inginkan tanpa mereka sadari.

beforeCara Mengatur Layout Background Presentasi PowerpointCara Mengatur Layout Background Presentasi Powerpoint afterCara Mengatur Layout Background Presentasi PowerpointCara Mengatur Layout Background Presentasi Powerpoint

Untuk mempermudah memahami apa yang saya maksud, perhatikan slide di atas, rasakan perbedaannya. Anda akan sadar jika menempatkan posisi gambar & teks dengan optimal maka slide presentasi menjadi lebih efektif.

Selain untuk panduan meletakkan teks Anda juga bisa mengaplikasikannya ketika menempatkan grafik, chat dan objek lain.

BeforeCara Mengatur Layout Background Presentasi Powerpoint afterCara Mengatur Layout Background Presentasi Powerpoint

Contoh Presentasi PowerPoint dengan Metode Before After

Bagi Anda yang sering melakukan penjualan pasti tidak asing dengan yang namanya tampilan before after untuk menarik perhatian konsumen terutama produk seperti kecantikan, kesehatan & yang berhubungan dengan tampilan before after.

Teryata hal serupa juga bisa Anda aplikasikan di dalam slide presentasi powerpoint , dengan metode before after akan menjadikan tampilan slide powerpoint Anda menjadi lebih menarik.

Ketika Anda presentasi penjualan tampilan before after dalam slide power point berfungsi untuk memberikan efek “WOW” pada audiens.

Konsumen tidak butuh tampilan before yang mereka butuhkan hanya after tapi konsumen butuh perbandingan yang membuktikan adanya hasil sehingga kondisi before harus Anda tampilkan.

Tampilan before after juga memeberikan efekTRUST kepada konsumen karena ada bukti nyata dari produk yang Anda perkenalkan. Kondisi ini membuat EMOSIONAL konsumen untuk membeli produk jadi meningkat.

Karena memang pada dasarnya lebih dari 75% konsumen membeli produk karena emosional bukan karena kebutuhan sehingga prosentase penjualan produk Anda lebih besar.

Cara aplikasinya dengan memasukkan dua gambar kedalam slide powerpoint, gambar yang pertama adalah before, dan yang kedua adalah after.

Beri kalimat penjelas singkat jangan terlalu banyak cukup poinnya karena tujuannya memaksimalkan tampilan  visual. Untuk keterangan lebih detail jelaskan secara langsung, untuk audiens bisa diberi modul atau brosur yang berisi informasi lebih detail.

Ini contoh tampilan “Before After” yang saya gunakan untuk membandingkan slide yang biasa dan setelah memakai pendekatan Slide Design Mastery.

Coba Anda lakukan hal yang sama dengan balutan kreatifitas Anda.

contoh presentasi power point menarik
contoh presentasi power point menarik
contoh presentasi power point menarik
contoh presentasi power point menarik

Demikian sharing dari saya tentang layout background presentasi powerpoint, coba aplikasikan pada slide presentasi Anda, saya yakin slide presentasi Anda akan jauh lebih efektif.

Anda telah membaca bab ke-5 dari panduan optimasi gambar & background slide presentasi, jika Anda belum membaca dari awal saya sarankan baca dari bab 1.

Jika menurut Anda panduan ini bermanfaat, tolong bantu share ya supaya lebih banyak sahabat kita yang belajar & tampilan slide presentasinya jadi lebih menarik.

Anda sudah menyelesaikan 5 dari 5 bab

KEMBALI KE BAB 4
DAFTAR ISI

Ada pertanyaan atau komentar?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *