Contoh Presentasi Powerpoint Tentang Pendidikan yang Terbaru di Tahun 2017

1. Mindset

Sambil menikmati perjalanan untuk in-house training di Al Kausar Boarding School Sukabumi fikiran saya mulai melayang-layang.

Saya melihat dunia pendidikan adalah salah satu dunia yang tidak pernah lepas dari presentasi, proses belajar mengajar selalu menggunakan media presentasi untuk melakukan transfer ilmu.

Sayangnya siswa sering merasa bosan ketika menerima pelajaran dikelas salah satu penyebabnya adalah karena proses belajar yang kurang menyenangkan.

Salah satu solusi yang bisa silakukan adalah dengan memberikan variasi dalam proses pembelajaran tersebut antara lain dengan merevolusi tampilan presentasi sehingga ilmu yang diberikan dapat tersampaikan secara efektif dan siswa lebih senang belajar.

Tapi tidak semua pendidik mempunyai kemampuan skill untuk mendesain slide presentasi yang memukau, bisa karena tidak mau belajar atau ingin belajar tapi belum tahu caranya.

Oleh karena itu bagi Anda yang selama ini belum bisa ikut training saya baik inhouse/public semoga ini bisa jadi bahan referensi bagi Anda khususnya para pendidik berikut contoh presentasi power point tentang pendidikan.

Untuk menampilkan presentasi power point tentang pendidikan salah satu hal yang harus diperhatikan adalah urut-urutan materi yang akan Anda sampaikan, Anda bisa mengunakan struktur presentasi seperti berikut.

Introduction

  • Opener

Kalimat pembukaan yang Anda ucapkan pertama kali untuk membuka seminar sekaligus mengambil hati audiens. Pada bagian ini Anda harus belajar powerfull opening untuk membuat pembukaan yang memukau.

  • Topik

Jelaskan topik yang akan Anda bawakan, pastikan opening sesuai dengan topik yang akan dibicarakan

  • Agenda

Sebutkan agenda yang akan Anda bahas dalam presentasi, hal ini akan memberikan sedikit gambaran kepada audiens tentang materi yang akan mereka pelajari.

Body

  • Point utama pertama
  • Point utama kedua
  • Point utama ketiga

Anda jelaskan tiap-tiap pointnya denga ilustrasi sehingga lebih mudah untuk difahami, saya akan bahas lebih rinci di pembahasan berikutnya.

Conclusion

  • Review point-point utama

Ulangi apa yang telah Anda presentasikan sehingga audiens bisa mengingat kembali apa yang sudah mereka pelajari. Ini juga sebagai tolak ukur kita apakah audiens benar-benar memerhatikan presentasi atau tidak

  • Concluding grabber

Kalimat penutup yang Anda gunakan untuk mengakhiri presentasi. Buat penutupan yang berkesan dengan powerfull closing sehingga audiens akan teringat dengan presentasi yang telah Anda lakukan.

Lalu aplikasi dalam slide presentasinya seperti apa? Berikut saya berikan contoh dalam bentuk slide presentasi.

Pertama introduction, untuk opener Anda bisa menampilkan judul dan profil, untuk topik yang akan di bahas saya ganti dengan definisi singkat tentang materi yang akan diajarkan sedangkan agenda cukup di sampaikan secara verbal tanpa disertai slide.

contoh presentasi power point tentang pendidikan
contoh slide presentasi – judul
contoh presentasi power point tentang pendidikan
contoh slide presentasi – profil
contoh presentasi power point tentang pendidikan
contoh slide presentasi – definisi materi

Kedua body, ada 3 point yang ingin di sampaikan di awal saya tunjukan semua pointnya dan sebagai penganti bullet point saya ganti dengan menggunakan gambar.

contoh presentasi power point tentang pendidikan
contoh slide presentasi – pengganti bullet point
contoh presentasi power point tentang pendidikan
contoh slide presentasi – poin 1
contoh presentasi power point tentang pendidikan
contoh slide presentasi – poin 2
contoh presentasi power point tentang pendidikan
contoh slide presentasi – point 3

Ketiga conclusion, untuk review cukup saya sampaikan secara verbal dan di slide saya tampikan kesimpulan singkat di susul dengan penutupan. Untuk penutupan anda bisa menggunakan banyak cara misalnya cerita, ajakan, humor dan lain-lain tapi disini saya menggunakan quote.

contoh presentasi power point tentang pendidikan
contoh slide presentasi – kesimpulan
contoh presentasi power point tentang pendidikan
contoh slide presentasi – quote

Itulah tadi contoh presentasi power point tentang pendidikan, untuk versi lengkapnya silahkan perhatikan slide berikut

Download format PDF Klik Disini

Apakah Anda masih kesulitan untuk mendesain slide presentasi seperti di atas? anda bisa mengunakan template presentasi pendidikan yang siap pakai dan mudah di edit sesuai kebutuhan.

Template presentasi pendidikan (format powerpoint yang bisa di edit) bisa anda dapatkan disini.

Jika Anda punya pertanyaan atau masukan yang membangun silahkan disampaikan di komentar supaya saya bisa melakukan perbaikan (lagi) pada artikel ini, karena saya merasa artikel ini masih belum lengkap.

5 Comments

  1. Bapak, saya mulai K-13 dan kebanyakan presentasi. Saya mau presentasi saya menarik dan berbeda dengan yang lain agar proses belajar dengan teman saya lebih mengasyikkan. Bagaimana caranya mendapatkan presentasi seperti bapak. Saya sangat menginginkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *