Contoh Slide Presentasi Unik Dan Menarik Dengan Mengoptimalkan Penempatan Teks

Contoh Slide Presentasi Unik Dan Menarik Dengan Mengoptimalkan Penempatan Teks

Contoh Slide Presentasi Unik Dan MenarikKebanyakan presenter hanya menempatkan beberapa teks ke slide mereka tanpa berpikir banyak tentang hal itu, yang penting ada text dan gambar.

Jangan membuat kesalahan ini !

Ikuti 5 metode praktis ini untuk memperbaiki cara Anda menempatkan teks ke slide sehingga Anda bisa membuat slide presentasi yang unik dan menarik.

Slide yang dibuat oleh Adam Noar berikut ini menjelaskan dengan sangat baik bagaimana cara menempatkan text sehingga hasilnya lebih optimal.

Silakan Anda nikmati slide berikut dan simak penjelasan lengkap masing-masing tips tersebut.

How To Overlay Text On Images (5 Simple Methods) from Presentation Panda

5 metode ini bertunjuan supaya text terbaca jelas sekaligus tampilan gambar bisa optimal sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat difahami dengan baik oleh audiens.

1. Menambahkan Teks Langsung Di Atas Gambar

Cara ini hanya bisa anda gunakan jika gambar/background memiliki ruang kosong (white space) atau tidak banyak item didalamnya (background noise)

Contoh Slide Presentasi Unik Dan Menarik

2. Menggunakan Shape Transparan

Anda menemukan gambar yang bagus dan bisa membantu anda menjelaskan isi presentasi sayang tidak ada ruang kosong untuk meletakan text.

Jika dipaksakan text tidak bisa terbaca maksimal karena kontras yang kurang, alternatifnya ada bisa gunakan shape transparan, gambar terlihat menarik dan text terbaca dengan jelas.

Contoh Slide Presentasi Unik Dan Menarik

Untuk mempermudah Anda memahami cara mengaplikasikan teknik transparan didalam slide presentasi, saya telah membuat sebuah video tutorial berduarasi 3 menit 43 detik, Anda bisa pelajari dulu video ini.

Catatan:
Video tutorial diatas adalah 1 sari 22 video tutorial lain yang saya buat, untuk 22 video tutorial yang lain bisa di dapatkan di PakarPresentasi.com (klik disini)

3. Transparan Seluruh Gambar

Prinsipnya sama dengan shape transparan hanya saja ini full menutup seluruh background dengan bentuk transparan sehingga text terlihat jelas.

Biasanya saya gunakan cara ini apabila fungsi background memang tidak terlalu menonjok/ hanya sebagai pelengkap saja.

text 74. Gambar Blur

Alternatif lain dengan menjadikan gambar menjadi blur, untuk membuat gambar menjadi blur anda bisa menggunakan panduan sederhana ini:

blur

1. klik kanan pada gambar → pilih format picture
2. pilih menu artistic effects → pilih mode blur
3. terakhir silahkan atur level blur-nya berapa, saya biasanya 5 cukup.

hasilnya nanti kurang lebih akan seperti gambar dibawah ini

text 95. Floor Fade

Kadang kita menemukan gambar yang terang, kita bisa memberikan efek cahaya gelap pada satu sisi/ mengatur pencahayaanya.

Kalau pada contoh ini kita memberikan efek gelap pada sisi bawah gambar, jadi semakin keatas semakin terang. Cara membuatnya dengan menggunakan efek gradasi.

Untuk lebih detailnya silahkan baca tutorial Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi.

text 11

5 metode diatas bisa anda terapkan supaya slide presentasi anda tampil unik dan menarik, untuk lebih memahami tentang bagaimana mengoptimalkan text dalam slide presentasi silahkan baca Panduan Tipografi untuk Mendesain Slide Presentasi Profesional.

Jangan lupa bantu share / klik tweet di atas supaya tidak hanya anda yang dapat manfaat tapi lebih banyak orang yang belajar tentang desain slide yang menarik.

Anda sudah menyelesaikan 4 dari 4 bab

KEMBALI KE BAB 3
DAFTAR ISI

Ada pertanyaan atau komentar?

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *