Cara Cepat Mengatasi Laptop Rusak Pada Saat Presentasi Berlangsung

cara mengatasi laptop rusak pada saat presentasi berlangsungPernah mengalami laptop rusak/macet pada saat presentasi berlangsung? Jika belum saya do’akan semoga tidak.

Tapi tidak ada salahnya jika Anda belajar cara mengatasi laptop rusak pada saat presentasi berlangsung sehingga bisa digunakan untuk antisipasi keadaan terburuk sekalipun.

Ini adalah pengalaman saya kemarin yang masih hangat karena baru saja terjadi dan semoga bisa jadi inspirasi untuk Anda.

Kebetulan saat saya mengadakan training Slide Design Mastery, jika event public Anda harus punya memiliki persiapan ekstra karena yang Anda hadapi adalah audiens dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang bermacam-macam.

Kejadian yang tidak di inginkan juga bisa terjadi dan kalau Anda tidak melatih diri untuk memiliki fleksibilitas yang tinggi maka bisa jadi presentasi Anda berantakan. Pada saat itu mungkin saya sedang apes karena laptop mendadak tidak berfungsi dengan baik.

Ketika Anda mengalami kejadian di luar prediksi seperti laptop rusak maka langkah berikut bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Fokus solusi

Pagi itu acara dimulai pukul 10, seperti biasa pukul 8.30 saya & team sudah sampai di lokasi untuk melihat persiapan. Sebagai trainer professional kita memang harus datang lebih awal, jauh lebih awal dari semua peserta.

Kebiasaan lain saya adalah ketika team sudah mempersiapkan semuanya tetap saja saya akan memastikan apakah semua sudah disiapkan dengan baik atau belum.

Kejadian bermula pada saat team sedang mencoba musik dari laptop ke sound teryata tidak ada suara yang muncul, coba diganti kabel baru tetap tidak bisa. Setelah di periksa teryata laptop saya bermasalah.

Ini berarti saya tidak bisa memutar musik/video karena tidak ada suaranya. Seharusnya harus ada laptop 2 yang salah satunya berfungsi hanya sebagai musik sehingga bisa antisipasi dalam keadaan seperti ini tapi mau bagaimana lagi saya hanya bawa 1.

Team mulai terlihat raut mukanya berubah menjadi khawatir. Saya coba pergi ke kamar mandi berfikir tenang dan fokus pada solusi, keadaan memang seperti itu mau bagaimana lagi yang terpenting tetap tenang dan fokus solusi.

Akhirnya munculan ide untuk memindah semua musik kedalam HP sehingga musik diatur dari HP untunglah kami masih memiliki banyak waktu karena selalu datang ke lokasi lebih awal, masalahpun selesai.

2. Alihkan Perhatian

Masalah yang lain kembali datang, dari yang awalnya tidak ada masalah tiba-tiba di tengah acara LCD Proyektor mengalami kerusakan warna sehingga tampilan slide saya berubah warna.

Dengan tetap tenang saya alikan perhatian peserta, saya minta peserta membagi diri dalam beberapa kelompok untuk melakukan diskusi dan praktik tentang materi yang saya ajukan. Sementara disisi lain saya meminta team untuk segera memperbaiki LCD dan akhirnya masalah teratasi.

Tetntunya untuk solusi yang satu ini Anda harus menguasai betul materi presentasi Anda oleh karena itu saya selalu menekankan slide presentasi andalah alat bantu visual yang menjadikan presentas Anda menjadi lebih efektif.

Tapi disisi lain anda juga harus memiliki kemampuan menyampaikan presentasi (public speaking) serta bisa menyususn materi presentasi yang mudah difahami sehingga dalam keadaan sulit anda tetap bisa menyampaikan presentasi dengan baik.

Itulah pengalaman yang saya alami kemarin dengan cara menyelesaikannya, yang terpenting jangan lupakan latihan, latihan dan latihan.

Setiap jam terbang yang ada lalui akan terus meningkatkan skill dan fleksibilitas dalam mengatasi kejadian-kejadian bahkan yang lebih parah dari hal diatas.

Jangan lupa selalu datang lebih awal untuk persiapan dan jika Anda masalah tetap tenang dan fokus solusi. Jika Anda punya pengalaman keadaan tak terduga seperti diatas silahkan sharingkan di kolom komentar.

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *