Panduan Praktis Membuat Materi Presentasi

Cara Membuat Materi Presentasi yang MenarikApakah Anda sedang mempersiapkan presentasi? Inilah panduan yang tepat untuk Anda. Dalam panduan ini Anda akan belajar bagaimana membuat materi presentasi yang efektif dan mudah difahami disertai contoh-contoh sehingga lebih mudah dipraktikan.

Materi presentasi adalah aspek yang paling penting dalam presentasi, mau sepandai apapun kemampuan komunikasi Anda jika tidak ada materi apa yang mau Anda sampaikan?

Sejago apapun Anda mendesain slide presentasi tapi kalau belum punya materi lalu slide seperti apa yang mau Anda desiain?

Ini adalah inti dari presentasi tapi sayangnya banyak orang mengabaikan, sebagian lagi menyadari pentingnya materi presentasi sehingga banyak yang mencari referensi di internet tapi saya rasa belum ada panduan selengkap ini. Kalaupun ada Anda itu berbayar.

Rata-rata hanya artikel sepotong-sepotong, itu sangat menyulitkan. Seperti sebuah solusi yang tidak tuntas, itulah yang mendasari saya untuk membuat panduan materi presentasi dalam bentuk artikel yang berseri.

Untuk membuat materi presentasi salah satu hal yang harus diperhatikan adalah urut-urutan materi yang akan Anda sampaikan. Anda bisa mengunakan struktur presentasi seperti berikut.

1. Pembukaan

  • Pembukaan
  • Perkenalan
  • Open Lup

2. Isi Presentasi

  • Poin 1
  • Poin 2
  • Poin 3
  • dst

3. Penutupan

  • Reviews / Golden point
  • Concluding Grabber
  • Call to action

Berdasarkan struktur presentasi di atas saya membagi panduan ini kedalam 3 bab.

Bab 1 Pembukaan Presentasi

Membahas 7 jenis pembukaan yang mampu mengambil perhatian audiens sejak pertama Anda memulai presentasi, contoh perkenalan yang menjual sehingga meningkatkan trust audiens dan teknik membuat audiens penasaran dan tetap setia mendengarkan sampai akhir presentasi. BACA BAB 1

Bab 2 Menyusun Isi Presentasi

Teknik menyusun isi presentasi yang mudah di fahami dan di ingat audiens, menampilkan materi secara menyenangkan. Ada 3 teknik menyusun isi presentasi yang bisa jadi pilihan supaya presentasi Anda tidak berputar-putar dan dapat selesai sesuai rencana. BACA BAB 2

Bab 3 Penutupan Presentasi

Tinggalkan kesan mendalam untuk audiens dan jangan biarkan presentasi Anda hanya berakhir just info, ajak audiens untuk action dan mengambil keputusan yang sesuai dengan keinginan Anda sehingga goal dari presentasi Anda benar benar tercapai. BACA BAB 3

Sudah siap?
MULAI DARI BAB 1

Ada pertanyaan atau komentar?

2 Comments

  1. Terimakasih mas mustofa atas tutorialnya.
    Bolehkah saya bertanya, misalkan kita membuat presentasi dan ingin membuat audiens penasaran, namun ketika sudah diterapkan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, bagaimana ya solusi yang seharusnya saya lakukan.
    Saya dosen baru di salah satu universitas negeri di semarang, sangat terbantu sekali dengan web ini. Sekali lagi terimaksih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *