Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint Yang Efektif dan Menarik

Cara Membuat Presentasi Grafik PowerpointAnda sering presentasi dalam bentuk grafik?

Seringkali kita menemukan presentasi grafik yang membosankan karena begitu banyaknya data yang harus kita lihat. Bukan membuat semakin faham malah hanya membuat kita semakin tidak memahami isi dari presentasi tersebut.

Jika ingin presentasi grafik anda mampu menyampaikan pesan secara efektif, tepat dan menyenangkan maka inilah cara membuat presentasi grafik powerpoint yang efektif dan menarik.

Dalam panduan ini saya akan share 4 hal penting untuk mengoptimalkan presentasi yang banyak menggunakan grafik dan penyajian data-data dalam bentuk angka.

  • Komponen grafik
  • Jenis grafik & fungsinya
  • Studi kasus: cara penyajian grafik
  • Penyampaian presentasi grafik

Komponen Grafik

Ketika saya membaca buku Slide:ology karya Nancy Duarte saya menemukan hal yang menarik, setidaknya  ada tiga komponen yang harus Anda perhatikan ketika membuat sebuah grafik sehingga tampilan grafik menjadi lebih efekti.

Tiga komponen tersebut adalah background, data & emphasis.

Hari ini saya akan membahasnya untuk Anda dengan penjelasan dan contoh yang saya saripatikan sendiri sehingga Anda akan lebih mudah untuk memahaminya.

1. Background

Background adalah warna dasar grafik, usahakan tidak memakai terlalu banyak garis, apabila ada sumbu x dan sumbu y maka gunakan warna yang tidak mencolok.

Jika Anda menggunakan gambar maka pilihlah gambar yang tidak terlalu dominan atau atur layoutnya supaya tidak menganggu tampilan grafik.

Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint
Background

2. Data

Data adalah keseluruhan informasi di dalam grafik yang ingin Anda sampaikan kepada audiens, banyaknya data tergantung dari informasi yang ingin Anda sampaikan.

Penggunaan jenis grafik juga akan akan berpengaruh terhadap data yang digunakan. Seperti yang saya jelaskan di buku Slide Design Mastery:

Setiap jenis grafik memiliki fungsi yang berbeda sehingga cara penggunaanya juga berbeda tergantung jenis data yang ingin disampaikan.

Pelajari fungsinya secara detal sehingga Anda dapat memaksimalkan data secara tepat.

Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint
Data

3. Emphasis

Emphasis adalah data yang ingin Anda beri penekanan, data utama yang ingin Anda tonjolkan di banding data yang lainnya.

Dengan adanya penekanan Anda akan lebih mudah menjelaskan isi/tujuan utama dari grafik Anda.

Penekanan membatu audiens  menangkap & memehami informasi dengan lebih cepat, untuk menciptakan penekanan Anda bisa menggunakan warna yang berbeda atau dengan keterangan khusus.

Saya pribadi lebih sering menggunakan penekanan dengan warna karena itu membuat efek visual yang lebih kuat.

Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint
Emphasis

Jika dalam grafik Anda sudah ada 3 komponen ditas maka inilah hasil akhirnya, yaitu menampilkan semua data. Dengan menggunakan 3 komponen ini maka audiens bisa memahami grafik Anda dengan mudah dan cepat.

Grafik Anda juga akan mampu membuat cerita dari setiap angka yang ditampilkan dan mengarahkan audiens  pada bagian penting yang harus diperhatikan.

Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint
Tampilan Akhir Slide Presentasi Grafik

Jenis Grafik & Fungsinya

Setiap jenis grafik memiliki fungsi yabg berbeda, dengan  memahami jenis dan fungsinya maka anda akan faham mana yang paing tepat untuk menggambarkan informasi yang ingin anda sampaikan.

1. Grafik Kolom (column chart)

Grafik model ini cocok digunakan untuk menjelaskan perbandingan, karena kita bisa memahami perkembangan secara cepat dengan membandingkannya dengan data sebelumnya.

Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint

slide diatas saya ambil dari slide presentasi perusahaan google, grafik kolom digunakan untuk menjelaskan perbandingan antara masing-masing negara yang menikmati konten video dan Idonesia menjadi fokus utamanya.

2. Grafik Garis (line chart)

Grafik tipe garis cocok untuk menjelaskan perubahan dari waktu ke waktu. Titik-titik pada garis menunjukkan kenaikan dan penurunan pada masing-masing produk. Grafik garis cocok untuk melihat perkembangan produk.

Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint

Slide ini saya ambil dari salah satu slide template PPT company profile, menjelaskan perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun di tambah dg teknik call out (keterangan tambahan) untuk memberi fokus.

3. Grafik Kue (pie chart)

Grafik model pie digunakan untuk menjelaskan bagian/persentase dari keseluruhan data. Dengan menggunakan diagram pie, audiens dapat memahami proporsi data yang ingin Anda tunjukkan.

Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint

Dengan menggunakan grafik kue anda juga dapat menjelaskan market share seperti yang dijelaskan slide diatas.

4. Grafik Balok (bar chart)

Pada dasarnya tipe diagram ini memiliki fungsi yang sama dengan tipe kolom, hanya saja tipe bar lebih cocok digunakan apabila data yang ditampilkan jumlahnya banyak. Biasanya juga digunakan untuk menunjukkan urutan dari sebuah data.

Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint

Seperti yang ditunjukkan grafik diatas tentang urutan social platform yang paling banyak digunakan di Indonesia.

5. Grafik Area (area chart)

Grafik area digunakan untuk memetakan area, dengan model grafik seperti ini anda akan lebih mudah melihat area mana saja yang memiliki pengaruh lebih besar dibanding area yang lainnya.

Cara Membuat Presentasi Grafik Powerpoint

Grafik diatas diambil dari facebook fanspage yang saya kelola, facebook menggunakan grafik area untuk menggambarkan jangkauan kiriman secara organik dan melalui iklan, teryata area iklan memiliki pengaruh lebih luas.

Studi Kasus: Cara Penyajian Grafik

Sebelum masuk ke studi kasus ada aturan yang harus Anda perhatikan dalam mendesain slide berisi grafik sehingga hasil akhirnya tetap efekif dan mudah dipahami oleh audiens.

  • Data

Ketika akan menyampaikan sebuah data tentukan terlebih dahulu, dari sekian banyak data yang ada, mana informasi paling penting yang harus Anda sampaikan kepada audiens. Ini penting karena akan menentukan jenis diagram yang Anda gunakan dan data mana yang akan Anda tonjolkan.

  • Grafik

Pilihlah grafik yang paling sesuai dengan data yang ingin Anda sampaikan, karena setiap jenis grafik memiliki fungsi masing masing sehingga Anda harus memilih secara tepat demi efektivitas penyampaian.

  • Desain

Setiap angka memiliki cerita. Anda harus menunjukkan cerita dari angka yang Anda sampaikan dengan cara memberi penekanan pada data penting yang menjadi pusat perhatian.

Akan lebih mudah menjelaskan jika audiens berfokus pada data yang menjadi pusat perhatian. Penekanan bisa dilakukan dengan memberikan warna yang berbeda, ukuran font yang berbeda, atau keterangan khusus.

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *