7 Cara Pembukaan Presentasi Modern Terbaru Yang Harus Anda Coba

contoh pembukaan presentasi

Anda tidak bisa membuat kesan pertama untuk kedua kalinya

Masing ingat kata yang dulu sempat popular “kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” jargon tersebut bukan hanya sekedar kata tanpa makna tapi hal itu juga berlaku untuk presentasi.

Pernahkan Anda bertanya pada diri sendiri “mengapa presentasi saya masih cenderung di abaikan oleh audiens?” Bisa jadi karena audiens merasa bosan sejak pertama kali Anda memulai presentasi, oleh karena itu jangan melewatkan yang namanya pembukaan presentasi.

Saatnya merevolusi presentasi Anda dimulai dari cara memberikan pembukaan presentasi. Pembukaan presentasi bisa menjadi pintu masuk bagi Anda untuk bisa menyampaikan presentasi dengan lancar sampai akhir.

5 menit pertama akan sangat berpengaruh terhadap presentasi Anda. Sayangnya Anda tidak bisa membuat kesan pertama untuk kedua kalinya, jadi pastikan Anda merebut hati audiens dengan memberi kesan pertama yang mendalam dengan melakukan pembuakan presentasi yang berkesan.

3 manfaat pembukaan presentasi yang Anda lakukan

1. Menarik Perhatian

Banyak kasus terjadi ketika presentasi dimulai, peserta sudah berada didalam ruangan tapi teryata fikiran mereka masih memikirkan hal-hal diluar ruangan dan menjelajah kemana-mana.

Kondisi ini dibiarkan maka presentasi Anda tidak dapat diterima secara maksimal oleh audiens. Teknik pembukaan sangat berperan penting untuk mengambil perhatian audiens sehingga mereka bisa fokus pada presentasi Anda.

Ketika audiens dalam kondisi fokus maka Anda akan dengan mudah untuk menyampaikan informasi kedalam fikiran audiens.

2. Mencairkan Kekakuan

Seringkali ketika pertama kali Anda memulai presentasi suasana terasa begitu kaku. Anda bisa mencairkan suasana dengan teknik pembukaan.

Dengan suasana yang bersahabat Anda bisa mengarahkan audiens dengan lebih mudah. Setidaknya Anda perlu mencairkan suasana dalam 5 menit pertama.  Jika ini berjalan lancar saya pastikan Anda akan lancar untuk melanjutkan presentasi sampai akhir.

3. Memberikan Informasi

Saya biasanya menyebutnya Open Lup, artinya memberi gambaran tentang materi apa saja yang akan dibahas dalam presentasi kedepan.

Hal ini sangat bermanfaat selain memberikan informasi tentang apa saja isi presentasi Anda juga membuat audiens tetap setia mendengarkan presentasi sampai akhir karena mereka tahu ada hal menarik di presentasi Anda yang penting untuk mereka.

Anda tiga tahapan yang biasa saya lakukan untuk pembukaan presentasi

  1. Pembukaan
  2. Perkenalan
  3. Open Lup

Pembukaan

inilah awar pertama ketika Anda memulai sebuah presentasi, biasanya banyak orag tidak percaya diri saat memulai presentasi. Jika Anda juga terkadang masih merasakan hal tersebut ada baiknya Anda belajar cara tampil percaya diri saat presentasi.

Supaya bisa memukau audiens di awal presentasi Anda bisa menggunakan salah satu dari 10 cara pembukaan berikut atau mengkombinasikan beberapa teknik sekaligus.

1. Story – Ceritakan Hal Yang Menarik

Kita dan audiens sangat suka dengan cerita, itu membuat audiens membayangkan dan berimajinasi sehingga mereka mendengarkan apa yang Anda ceritakan. Untuk bisa membuat cerita yang menarik Anda tidak perlu bertemu dulu dengan artis terkenal, berpetualang di alam liar atau bertemu super hero.

Anda bisa memulai cerita yang menarik dari hal-hal kecil yang Anda alami sendiri. Anda bisa juga mengambil cerita dari buku yang pernah baca atau kisah-kisah orang yang sudah sukses di bidang yang Anda bahas.

Point pentingnya cerita tersebut harus berhubungan dengan presentasi yang Anda sampaikan. Ini salah satu contoh cerita sederhana yang saya gunakan di workshop Slide Design Mastery:

Suatu hari saya membeli sebuah keripik singkong di pinggir jalan, dibungkus dengan plastik biasa dengan harga Rp 5.000,- /bungkus. Diwaktu yang berbeda saya membeli keripik singkong, tapi kali ini beli di minimarket dan harganya Rp 12.500,-/bungkus.

Kemudian saya mulai berfikir apa yang membedakan antara keduanya, secara rasa tidak jauh berbeda, secara isi malah lebih banyak yang saya beli di pinggir jalan. Menurut Anda karena apa?

Awalnya saya berfikir karena tempat jualannya tapi teryata bukan karena tempat jualannya tapi lebih tepatnya karena kemasan, keripik singkong yang dijual di minimarket memiliki kemasan yang lebih menarik sehingga bernilai lebih mahal.

Teryata pola ini tidak hanya berlaku untuk keripik singkong saja tapi juga berlaku untuk presentasi Anda.

Percayalah, kemasan menjadikan produk Anda bernilai lebih mahal. Slide presentasi adalah salah satu kemasan terbaik untuk menjadikan presentasi Anda menjadi lebih mahal dan apa yang Anda jual lewat presentasi menjadi lebih mudah diterima karena disampaiakan dengan slide presentasi yang lebih menarik.

Bersiaplah untuk merevolusi slide presentasi Anda,Are you ready? “

2. Humor – Cairkan Suasana Dengan Humor

Jika Anda termasuk orang yang memiliki selera humor yang bagus sepertinya ini adalah hal yang mudah, tapi bagi mereka yang tidak sebaiknya cari cerita lucu dan uji coba dulu di beberapa teman jangan sampai Anda mengalami nasib seperti saya.

Dulu saya pernah mencoba bercerita lucu untuk membuka presentasi, saya merasa ini cerita yang lucu tapi teryata audiens tidak merasa lucu, eksperasi mereka datar-datar saja.

Sejak itu saya belajar untuk praktek cerita humor terlebih dahulu sebelum presentasi di hadapan banya orang, minimal Anda ceritakan terlebih dahulu pada pasangan Anda.

Selain itu Pastikan humor yang Anda gunakan ada kaitannya dengan topik yang akan Anda bahas dan hindari humor yang mengadung unsur SARA.

Ini salah satu contoh humor yang biasa saya gunakan di kelas Public Speaking Academy® milik Mr Ongky Hojanto:

Hari sudah menjelang sore ketika seorang tukang perahu sedang mendayung perahunya mengantarkan sang professor menyusuri sungai melewati kampung dan hutan di sekitarnya.

Sang professor menikmmati betul pemandangan alam sekitar, sambil mengambil daun di sungai sang professor bertanya kepada tukang perahu: “Tukang perahu, apakah kau pernah belajar tentang botani ?”

Tukang perahu melihat sang professor dan menjawab “Saya, tidak pernah belajar hal itu.”

“Wah, kau kehilangan 30% dari hidupmu, karena tidak pernah belajar mengenai botani.” Kata sang professor.

Beberapa waktu kemudian, perahu mereka melewati bebatuan besar yang berdiri disamping sungai. Sang professor kembali bertanya pada tukang perahu “tukang perahu, apakah kau pernah belajar mengenai geologi ?”

Sambil menggaruk-garuk kepala, si tukang perahu menjawab “tidak pernah professor. Saya tidak tahu apa itu geologi.”

“lagi-lagi, kamu kehilangan 30% lagi dari hidupmu karena tidak pernah belajar mengenai geologi.” Kata sang professor.

Perjalananpun berlanjut, sekarang perahu melewati gunung yang begitu indah, samg profesorpun kembali bertanya kepada tukang perahu “ Tukang perahu, Apakah engkau pernah belajar mengenai geografi ?”

Dengan malu dan sambil tertunduk, tukang perahu itu. “saya tidak pernah tahu apa itu geografi, professor.”

“Sungguh kau benar-benar merugi, sekarang kau telah kehilangan 90% dari hidupmu, karena tidak pernah belajar tentang botani, geologi dan geografi.” Kata sang professor.

Sepertinya tukang perahu mulai kesan dengan perkataan sang professor, bukan mengajari tapi malah terus-terusan merendahkan dirinya. Sang tukang perahu mulai mendayung dengan cepat dan tergesa-gesa. Hari bertambah sore dan angin bertiup lebih kencang, arus sungai menjadi lebih deras dan tiba-tiba perahu terbalik karena di terjang arus sungai.

Ditengah kepanikan, teringatlah tukang perahu akan sang professor. Dengan suara yang nyaring dia berteriak “professor-professor, apakah Anda pernah belajar berenang?”

Sambil berusaha untuk tidak tenggelam, professor menjawab “saya pernah belajar berenang tapi tidak pernah praktek ” kemudian dengan nada yang serius tukang perahu berkata “Sekarang Anda benar-benar kehilangan 100% dari hidup Anda.” Kata situkang perahu.

Bapak ibu Anda boleh belajar ilmu apapun di dunia ini tapi pastikan Anda belajar ilmu berkomunikasi & menyampaikan ide kepada banyak orang, karena ilmu ini akan menjadi daya ungkit untuk kesuksesan Anda & menjadikan ilmu-ilmu lain yang Anda pelajari menjadi bermanfaat bagi banyak orang, ilmu ini adalah public speaking.

Selamat malam, nama saya  Mustofa Thovidsdan malam ini saya berbicara mengenai public speaking mastery with NLP.”

3. Data / Fakta – Kejutkan Audiens Dengan Fakta Yang Terukur

Berikan fakta yang tidak diketahui audiens sebagai bahan untuk membuka presentasi Anda, ini akan memberikan dampak shocking kepada para audiens, jika Anda bisa membuat mereka terkejut maka Anda telah berhasil mengambil perhatian audiens.

Tapi sebelum itu pastikan data yang Anda peroleh adalah data yang benar dan Anda sumbernya, ini penting karena jika ada audiens yang pertanya Anda memiliki pedoman bukan asal bercerita, ingat Anda menyampaikan fakta bukan opini.

Ini salah satu contoh data/ fakta yang bisa digunakan untuk pembukaan presentasi Service Excellent:

Hasil survey dari Michael LeBoeuf, Ph.D, mengapa pelanggan lari ?3%   Pindah tempat tinggal
5%   Menemukan persahabatan baru di perusahan atau toko lain
9%   Bujukan pesaing
14% Tidak puas dengan produk yang di beli
68% Karena
sikap masa bodohyang diperlihatkan oleh pemilik, manajer atau karyawan.

4. Quote – Berikan makna berbeda dengan Quote yang menginspirasi

Anda hanya perlu mencari quote yang relefan dengan materi yang dibahas, usahakan quote ini dari orang terkenal sehingga memiliki pengaruh jika Anda gunakan. Walaupun begitu selalu jelaskan dulu siapa yang Anda ambil quote-nya karena belum tentu semua orang mengenalnya.

Berikut ini contoh penggunaan quote untuk presentasi tentang motivasi karyawan:

Siapa yang yang tidak tahu sepedah motor Honda, bahkan sekarang merajai pasar Indonesia, pendirinya Soichiro Honda pernah berkata

Success represents the 1% of your work which results from the 99% that is called failure

Jika hari ini Anda gagal yakinlah esok masih ada harapan yang lebih baik.

5. Visual Impact – Kejutkan audiens dengan efek visual

Visual impact adalah salah satu teknik pembukaan presentasi yang memperlihatkan dampak visual sehingga audiens tertarik dengan presentasi Anda, selain itu juga menjadi jembatan untuk masuk kepada penjelasan dari topik yang akan dibahas.

Ini adalah salah satu contoh visual impact yang saya gunakan, tujuanya menjelaskan pentingnya kemasan dalam presentasi, sebelumnya saya telah mempersiapkan 2 bungkus keripik singkong sebagai media visual.

Bapak ibu, kebetulan istri saya sangat suka yang namanya keripik singkong, ketika kami sedang jalan-jalan tiba-tiba dia melihat penjual keripik singkong di pinggir jalan langsung ngajak berhenti.

“mas beli kripik singkong dong”

Kami membeli keripik singkong seperti ini (sambil menunjukan keripik singkong di  bungkus plastik biasa).

Suatu hari kami kembali jalan-jalan di swalayan istri saya ngidam  lagi, dia minta keripik singkong.

“mas beli keripik singkong dong”

Kami membeli keripik singkong seperti ini (sambil menunjukan keripik merk Q-tela).

Tahukan bapak ini ternyata rasanya tidak jauh beda dengan yang saya beli di pinggir jalan. 11-12 tapi harganya jauh berbeda, yang saya beli di swalayan harganya bisa dua kali lipat.

Pertanyaan saya mengapa keripik singkong ini lebih mahal? (sambil menunjukan keripik merk Q-tela  & meminta audiens untuk  sharing)

(setelah audiens sharing saya memberikan keripik singkong Q-tela kepada salah satu audiens & saya melanjutkan dengan membuat kesimpulan)

Yang membuat mahal adalah bungkusnya, apa? Bungkusnya. Sama seperti presentasi, jika materi anda bagus, bermanfaat tapi bungkusnya tidak bagus maka nilainya tidak bisa tinggi. Memang benar kita harus fokus pada isi tapi kemasan membuat nilai jualnya lebih tinggi.

Ketika Anda menyapaikan presentasi dengan kemasan yang menyenangkan maka yang mendengarkan juga menjadi lebih bersemangat untuk belajar.

Kenapa saya sharing ini, karena sebenarnya slide presentasi itu ibarat bungkus dari presentasi Anda, jika Anda ingin nilai jual presentasi Anda meningkat makan perbaiki bungkusnya.

Coba Anda buat visual impact versi Anda, pastikan visual  impact yang Anda gunakan memiliki hubungan dengan materi yang dibahas, jadi bukan asal visual dan menarik perhatian saja.

6. Pertanyaan Kembalikan fokus audiens

Ini teknik yang sangat sederhana, Anda tinggal bertanya dan audiens memberikan respon, tapi perhatikan jika audiens belum memberika respon makan ulangi pertanyaanya atau perjelas pertanyaanya.

Saya sangat suka dengan teknik pertanyaan karena ketika Anda bertanya maka audiens secara spontan memikirkan jawabanya, prinsipnya siapa yang bertanya dia yang pegang kendali.

Pelatih sukses Mr. Tung Desem Waringin selalu menggunakan pertanyaan untuk mengawali seminarnya, biaanya kurang selih seperti ini:

Siapa disini yang ingin sedikit lebih kaya? Wow kalau sedikit tidak ada yang akan tangan, coba saya ganti pertanyaan. Siapa disini yang ingin jauh lebih kaya?

7. Call Back – Buat audiens penasaran

Teknik call back adalah membuka presentasi dengan membuat peryataan yang bertujuan untuk memancing rasa ingin tahu audiens. Contohnya seperti ini:

Ketika datang di seminar ini saya seperti kembali pulang kerumah saya sendiri.

Pada saat itu audiens akan mulai berfikir dan muncul rasa penasaran, kenapa seperti pulang kerumah? Sampai disini Anda telah berhasil mengambil perhatian audiens dan membuat mereka penasaran.

Kemudian Anda lanjutkan dengan memperjelas pembukaan diawal.

Jadi ingat ketika dulu berkuliah disurabaya, saya menghabiskan banyak waktu dikota ini untuk belajar dengan sungguh-sungguh, bekerja mengumpulkan pundi-pundi uang, dan tak lupa juga mencari jodoh. Saya harap Anda kesini buka untuk mencari jodoh.

Tiba-tiba banya peserta yang senyum-senyum sendiri dan suasana ruangan menjadi lebih bersahabat sehingga Anda bias melanjutkan presentasi dengan menyenangkan.

Saya juga membuat versi slide presentasi dengan judul teknik pembukaan presentasi yang berkesan, slide berikut Ada gunakan sebagai referensi untuk mendesain slide presentasi.contoh pembukaan presentasi

Anda bisa mendownload slide presentasi tersebut di halaman materi gratis

Sebelum memulai perkenalan selalu lakukan teknik preframe, ini adalah sejenis aturan yang kita buat diawal. Fungsinya supaya presentasi berjalan lancar dan untuk mengendalikan audiens sampai akhir presentasi.

Sebenarnya preframe bisa dilakukan sebelum perkenalan atau sebelum open lup karena untuk beberapa jenis presentasi seperti internal dengan karyawan yang sudah saling kenal pasti melewati tahap perkenalan.

Perkenalan

Hal sederhana yang pasti akan dilakukan setelah pembukaan, tapi hal sederhana ini sering terlewatkan atau bahkan tidak dimnfaatkan dengan baik.

Banyak orang berkenalan hanya menyebutkan nama, pekerjaan, latar belakang pendidikan dan sejenisnya padahal jika Anda mengubah sedirit sudut pandang maka hasilnya akan lebih baik.

Pada point perekenalan Anda harus jual diri, maksunya disini lebih banyak ceritakan tentang prestasi dan reputasi Anda bukan hal-hal formal yang kurang menarik. Ini salah satu perkenalan yang saya lakukan:

Sebelumnya perkanalkan nama saya mustofa thovids, mustofa siapa?, teman-teman biasa memanggil saya cak mus.

Saya adalah professional trainer di bidang presentasi, atau lebih dikenal slide presentation expert, saya telah membantu banyak orang untuk merevolusi presentasi lebih dari ribuan orang, mereka khususnya para trainer, motivator, guru, dosen, mahasiswa, sales, manager, ceo, owner, agen ansuransi, agen mlm, agen property dan banyak lagi.

Saya juga berkeliling Indonesia untuk berbagi hal yang bermanfaat sama seperti yang akan saya sahringkan hari ini, beberapa kota sperti  jogja, jember, malang, Surabaya, bali dan kota-kota lain. Tahun ini saya akan mengadakan roadshow  lagi untuk wilayah Kalimantan dan sumatara.

Selain training saya juga sangat suka menulis, salah satunya rutin lewat blog trainingpresentasi.net, buku saya yang terbaru berjudul slide design mastery juga sudah diterbitkan oleh pihak gramedia, penerbit terbesar di Indoensia dan bias Anda dapatkan ditoko buku terdekat.

Fungsi perkenalah adalah untuk membuat meningkatkan efek trust audiens dan menunjukan kalau Anda memang pantas untuk membawakan presentasi tersebut

Jika Anda seorang karyawan dari sebuah perusahaan bisa gunakan contoh berikut, ini cocok apabila masa kerja Anda diperusahaan sudah lama diambah posisi jabatan yang strategis:

Saya budi, saya telah bekerja di PT. XXX selama lebih dari 15 tahun, ini adalah pengalaman yang luar biasa karena sampai saat ini saya masih dipercaya menjabat sebagai manager cabang area jawa-bali.

Hari ini saya ingin sharing tentang bagaimana mengembangkan bisnis Anda dengan bekerja sama bersama perusahaan kami.

Jika Anda baru saja bekerja atau karyawan baru yang ditugaskan untuk presentasi maka bisa gunakan pembukaan yang seperti ini, ini juga bias digunakan jika perusahaan Anda juga masih baru.

Saya budi, saat ini perusahaan kami telah membantu lebih dari 10.000 konsumen yang merasa puas dan tersebar di berbagai tempat di Indonesia dan hari ini saya juga ingin membantu Anda supaya bisa merasakan manfaat seperti konsumen kami yang lainnya.

Open Lup

Berarti Anda memberikan bocoran atau sedikit gambaran tentang isi presentasi, ini prinsip yang sama seperti yang dilakukan para pembuat film, sebelum tanyang di bioskop jauh-jauh hari mereka membuat open lup terlebih dahuli dalam bentuk preview film.

Jangan lupa berikan alasan yang tepat kenapa audiens mereka harus perduli & mendengarkan presentasi Anda, salah satunya dengan cara menggali kebutuhan audiens.

Hari ini kita akan membahas tentang target bulan depan yang tentunya diawali dengan eveluasi untuk bulan ini. tapi selain itu saya juga ingin membicarakan tentang kenaikan gaji para karyawan.

Mendadak seluruh karyawan bersemangat dengan presentasi yang dibawakan karena disana anda hal yang menarik, selain itu mereka juga tahu kalau yang dibahas hanya 3 hal tersebut.

Kalau saya pribadi biasanya seperti ini

Bapak ibu hari ini kita akan belajar 3 hal penting penting dalam presentasi, saya biasa menyebutnya 3 pilar presentasi yaitu menyusun materi presentasi, mendesain slide yang visual dan manyampaikan presentasi dengan memukau.

Hari ini kita akan belajar 3 pilar presentasi dan praktik secara bergantian, siap untuk belajar?

Open lup juga berfungsi sebagai control yang baik apabila ada agenda  yang terlewat karena peseta juga sudah tahu apa saja yang akan dibawah pada hari itu.

Anda sudah menyelesaikan 1 dari 3 bab

DAFTAR ISI
LANJUT KE BAB 2

Mau Dikirimkan Artikel Seperti Ini via Email?
Lebih dari 13.729 orang telah bergabung, Anda akan belajar bagaimana menyampaikan presentasi memukau dan mendesain slide presentasi yang profesional langsung ke email anda. Tidak dipungut biaya.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Ada pertanyaan atau komentar?

6 comments on “7 Cara Pembukaan Presentasi Modern Terbaru Yang Harus Anda Coba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Gratis
E-Book & 5 Slide Presentasi Profesional

Silahkkan masukan nama dan email Anda di form registrasi berikut ini untuk menerima link download yang akan dikirim langsung ke email Anda