Contoh Slide Presentasi Company Profile yang Profesional dan Memikat

Template Powerpoint Presentasi Company ProfilePernahkan ketika Anda sedang jalan-jalan kemudian melihat layar monitor yang menyajikan profil sebuah perusahaan?

Atau mendapat email yang berisi tentang profil perusahaan, atau malah Anda yang kirim email?

Dewasan ini setiap perusahaan berlomba-lomba untuk memperkenalkan keberadaan mereka dengan berbagai cara, salah satunya lewat company profile.

Membuat company profile adalah salah satu hal penting yang harus disiapkan jika ingin perusahaan Anda dikenal lebih luas dan terus berkembang.

Dimulai dari sebuah pertanyaan sederhana:

Bagaimana masyarakat dapat mengenal perusahaan Anda?”

Salah satu jawabanya adalah dengan membuat company profile.

Cara penyajian company profile juga bermacam-macam apalagi di era digital bentunya semakin beragam mulai dari media cetak (booklet, brosur dll), video, website sampai slide presentasi.

Secara garis besar slide presentasi company profile mengambarkan tentang profil perusahaan, produk/ layanan yang ditawarkan sampai teknik pemasaran yang digunakan.

Fungsinya mulai dari sekedar memperkenalkan perusahaan kepada public dan juga sebagai alat promosi bisnis yang sedang anda kembangkan.

Membuat company profile dalam bentuk slide presentasi juga memiliki banyak kelebihan seperti:

  • Mudah dibuat (oleh orang awam sekalipun) dibandingkan dengan video atau website
  • Mudah di sebarluaskan seperti digunakan untuk presentasi, bisa dikirim lewat email atau dijadikan video dan di upload di Youtube, juga bisa di cetak di media kertas

Bagi anda yang ingin membuat company profile untuk keperluan presentasi secara cepat dan mudah maka menggunakan slide Powerpoint bisa jadi alternatif yang tepat.

Setelah membaca panduan ini Anda akan bisa mendesain slide presentasi company profile yang profesional kemudian membagikannya secara offline dan online.

Cara Membuat Slide Presentasi Company Profile

Untuk membuat slide presentasi untuk company profile ada beberapa informasi yang harus ada, tapi apa yang saya sampaikan disini tidak baku, bisa ada tambah/ kurangi sesuai kebutuhan.

1. Judul

Seperti presentasi pada umumnya, selalu ada slide pembuka (judul), isinya bisa berupa nama perusahaan, tagline dan logo. Bisa juga ditambahkan foto perusahaan Anda.

2. Profil

Berisi penjelasan singkat tentang perusahaan Anda, bisa berupa sejarah dan kisah perjalanan perusahaan, nilai-nilai yang dianut perusahaan dan visi misi yang dimiliki.

contoh presentasi company profile perusahaan3. Struktur Organisasi

Siapa orang-orang dibalik perusahaan Anda, ini penting untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi audiens karena tahu dengan siapa mereka akan bekerjasama.

Tidak harus menampilkan semua bagian struktur, Anda bias hanya menampilkan tokoh-tokoh kunci dengan membuat variasi tampilan yang lebih menarik dan tidak kaku.

contoh slide presentasi company profile powerpoint

4. Penghargaan

Jika perusahaan Anda telah memiliki perhargaan maka jangan ragu untuk menampilkan, bisa juga berupa pencapaian yang telah dibuat perusahaan. Ini berfungsi untuk meyakinkan audiens akan kinerja perusahaan.

5. Data Perkembangan

Untuk mengambarkan lebih detail pencapaian perusahaan ada bisa menyajikan dalam bentuk table atau grafik yang mudah difahami, ini akan mempermudah audiens untuk mengetahui perkembangan secara tepat.

contoh slide presentasi company profile powerpoint 6. Produk dan Layanan

Jelaskan produk atau layanan apa saja yang Anda miliki, Anda bisa memilih beberapa produk unggulan untuk membuat audiens terkesan.

contoh slide presentasi company profile powerpoint7. Tabel Harga

Ini penting karena dari sinilah kita bisa tahu target market produk Anda siapa,  selain itu juga sebagai perbandingan dengan harga kompetitor dilapangan.

contoh slide presentasi company profile powerpoint8. Portofolio

Siapa saja klien Anda? Sudah berapa banyak yang menggunakan? Sertakan klien yang telah menggunakan produk/ jasa Anda. Jika ada testimoni bisa juga Anda sertakan.

contoh slide presentasi company profile powerpoint

Pendekatan Desain dalam Slide Presentasi Company Profile

Banyak orang bisa membuat slide presentasi company profile tapi sangat jarang yang menggunakan pendekatan desain sehingga hasilnya sama dengan rata-rata.

Lalu bagaimana bersaing jika Anda berada dalam kumpulan rata-rata? inilah yang akan jadi salah satu faktor nilain tambah/ permbeda slide presentasi company profile yang Anda buat dengan yang dibuat kompetitor.

Ada 5 prinsip yang harus Anda miliki untuk mendesain slide presentasi company profile yang memukau, prinsip ini berasal dari Slide That Rock sebuah perusahaan slide presentation expert yang bermarkas di Hongkong.

1. Pesan yang Kuat

Coba tanyakan pada diri sendiri, pesan utama apa yang ingin Anda sampaikan kepada audiens? Anda ingin perusahaan Anda dikenal seperti apa?

Posisikan diri Anda sebagai calon konsumen/ audiens yang akan menerima presentasi company profile dari Anda.

Point pentingnya andalah Anda harus bisa menyusun materi presentasi yang mudah diingat dan difahami bahkan oleh mereka yang awam dengan perusahaan Anda sekalipun.

2. Slide yang Sederhana

Jangan menumpuk banyak informasi dalam satu slide, jika bisa dijelaskan dalam beberapa kata kenapa Anda harus menuliskan berbaris-baris kalimat?

Tanyakan lagi pada diri Anda sendiri sebenarnya apa yang ingin Anda sampaikan pada audiens? Fokus pada pesan tersebut dan sampaikan secara sederhana.

3. Font yang Menarik

Banyak perusahaan yang masih menggunakan font standar seperti Times New Roman, Arial dan para saudaranya.

Sebenarnya tidak masalah tapi itu membuat tampilan slide Anda jadi rata-rata, dan tidak mampu menarik perhatian audiens, coba gunakan font yang menarik.

Anda bisa mendapatkan banyak font yang menarik di 10 website penyedia font gratis. Supaya tampilan slide juga tidak terlihat rumit, cukup gunakan 2 jenis font dalam 1 slide.

4. Gambar yang Visual

Gambar yang baik adalah gambar yang mampu menyampaikan pesan secara tepat dan menarik secara visual.

Untuk presentasi company profile sangat disarankan Anda memiliki kumpulan gambar sendiri yang berhubungan erat dengan perusahaan karena tentunya akan memiliki kedekatan emosional saat Anda gunakan.

Tapi jika tidak ada Anda bisa mendapatkan gambar yang berkulitas di Pixabay.com atau 27 situs gambar gratis lainya.

5. Warna yang Harmonis

Hal yang paling sederhana tentang warna adalah perhatikan kontras warna yang Anda gunakan, jika background terang gunakan text gelap begitu juga sebaliknya.

Pilih beberapa warna untuk Anda gunakan secara konsisten , biasanya perusahaan telah memiliki warna mereka sendiri yang konsisten untuk digunakan.

Jika masih kesulitan Anda bisa mendapatkan rerferensi warna yang harmonis dari situs seperti Colourlovers.com

Mencetak Slide Presentasi Company Profil Sebagai Alat Promosi

Pernah melihat booklet promosi? Anda juga bisa membuatnya dengan memanfaatkan slide presentasi company profile yang telah Anda desain.

booklet dari slide presentasi company profile
photo credit: inissue.com
  • Ubah dulu menjadi JPG.
    Simpan file PPT kedalam bentuk gambar, cara menyimpannya sama seperti Anda menyimpan slide biasa. Save As lalu ganti tipe file-nya (save as type) kedalam JPG.
  • Langsung Print
    Cara yang paling mudah ya langsung diprint hanya saja, tapi jangan lupa atur dulu kertas yang digunakan sehingga layout-nya bisa tepat.

Slide Presentasi Company Profil format PDF untuk Promosi Online

Ada beberapa alternatife untuk membagikan slide presentasi dalam format PDF, bisa Anda kirim lewat email atau ada bagikan untuk public di SlideShare.net

Anda juga bisa melihat analisa grafik dari file yang dibagikan sehingga Anda tahu berapa banyak orang yang telah melihat company profile perusahaan Anda.

Contohnya coba lihat slide yang saya bagikan di Slide Share, lumayan juga yang lihat sampai saya nulis artikel ini sudah dilihat sampai 14.873 hanya dalam waktu 1 bulan.

Untuk menyimpan file PPT dalam bentuk PDF caranya sama dengan menyimpan dalam JPG, hanya perlu memilih jenis filenya saja.

menyimpan font slide presentasi keren dalam bentuk pdf

Cara Mengubah Slide Presentasi Company Profile Menjadi Video

Jika perusahaan Anda ingin dikenal lebih luas lagi cobalah cara ini, membagikan video company profile di youtube, tidak perlu membuat video lagi cukup mengubah slide presentasi yang telah anda buat kedalam video.

Caranya sama, hanya perlu memilih save as type Windows Media Video, setelah selesai bisa langsung di upload di Youtube, contohnya seperti video ini.


Saya masih Kesulitan Medesain Slide Presentasi Company Profile!

Ingat, yang namanya belajar itu butuh proses, diawal-awal akan butuh waktu dan kesabaran, tapi kalau mau cepat bagaimana?

Saran saya coba gunakan template slide presentasi, tanya mbah google banyak kok yang gratis. Tapi sayangnya yang gratis-gratis ini kualitasnya memang kurang bagus dan seringkali tidak sesuai dengan yang diharapakan.

Bukan tambah mempermudah malah jadi binggung untuk edit-edit datanya, alternatif lain coba gunakan template premium seperti dibawah ini.

Template Powerpoint Presentasi Company Profile
klik pada gambar untuk mendownload template presentasi company profile

Prime adalah template powerpoint yang saya desain khusus untuk membuat presentasi company profile, dengan bahasa Indonesia yang memudahkan Anda menggunakannya.

Cara editnya juga mudah (untuk orang awam sekalipun) hanya perlu ganti gambar dan text. Anda dua tampilan layout, ukuran slide standard (4:3) & widescreen (16:9) yang bisa digunakan untuk powerpoint 2007, 2010, dan 2013.

Untuk template powerpointnya bisa didapatkan disini.

Tapi saran saya belajarlah mendesain slide presentasi, jangan tergantung pada template.Template ini fungsinya hanyalah alat bantu untuk mempermudahkan Anda jika Anda memang kesulitan untuk mendesain slide presentasi yang menarik dan professional.

Bagaimana, sekarang Anda siap mendesain slide presentasi perusahaan atau bisnis Anda sendiri?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *