Belajar Desain Slide Dari Slide Google Mobile Leadership Program Indonesia di Conclave Jakarta

Google-mobile-leadership-program-Indonesia
photo credit: http://startupbisnis.com/

Mau tau contoh slide presentasi kelas dunia milik perusahaan Google?

Beberapa waktu yang  lalu (September 2015) ada seminar Google di Conclave, Jakarta. Seminar tersebut membahas tentang insight dan data-data tentang pengguna Mobile saat ini di Indonesia.

Saya tidak akan membahas tentang isi seminar tersebut tapi saya mengajar Anda untuk melihat dari sisi berbeda. mengamati seperti apa slide presentasi yang digunakan oleh perusahaan sekelas Google yang ada di Indonesia.

Tapi bagi Anda yang juga bergerak di bisnis online informasi ini juga akan sangat berharga, karena di dalam slide tersebut banyak sekali informasi tentang perilaku konsumen saat ini, trend yang berkembang di Asia Pacific (APAC), dan mobile design principles.

Sebelum saya bahas detailnya coba anda perhatikan slide presentasi seminar Google berikut ini (klik pada judul untuk mendownload):

Teknik Desain Slide yang Bisa Anda ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

1. Penggunaan Font

fontSlide diatas Menggunakan font jenis sans serif (open sans). 

Font sans serif memberi kesan dinamis, bersahabat sesuai dengan materi yang dibawakan yaitu tentang dunia internet yang dinamis dan terus berkembang serta tidak kaku.

Sans Serif cocok digunakan untuk slide yang menampilkan sedikit teks dengan audiens yang beragam seperti presentasi untuk publik karena sifat font ini yang kurang formal, lebih mengesankan karakter hangat dan bersahabat.

Bahkan anda juga bisa mendesain slide yang menarik walau hanya menggunakan text, salah satu kuncinya dengan mengkombinasikan jenis font.

Untuk lebih detail tentang cara mengoptimalkan font silahkan baca Panduan Tipografi untuk Mendesain Slide Presentasi Profesional.

2. Penggunaan Gambar

gambarTampilan gambar yang full screen memperkuat pesan yang ingin disampaikan, pemilihan gambar berkualitas dan sesuai dengan isi pesan menjadikan slide tidak hanya menarik tapi juga efektif.

Kalau anda rajin membaca blog ini/ pernah ikut training saya pasti anda tau bahwa saya tipe orang yang suka mendesain slide dengan gambar full screen.

gambar 2Selain itu gambar juga digunakan untuk menggantikan bullet point sehingga tampilannya jadi lebih manarik, akhirnya anda juga menerima pesan jadi lebih mudah kan?

Untuk lebih detail tentang cara mengoptimalkan gambar dan cara editingnya silahkan baca Panduan Optimasi Gambar dan Background Slide Presentasi.

Tapi bisanya salah satu permasalahan ketika ingin menggunakan gambar adalah kesulitan mencari gambar-gambar yang keren, tenang sudah saya sediakan 25+ website penyedia gambar berkualitas & gratis.

3. Penggunaan Warna

warnaWarna bisa jadi branding tersendiri untuk anda, lebih mudah melekat di kepala hampir sama dengan logo.

Perhatikan setiap slide diatas menggunakan warna dan logo yang konsisten, saya biasa menyebutnya dengan istilah slide branding.

Hampir setiap slide di branding dengan warna biru, hijau, kuning. Lalu apa maksunya, apakah hanya asal memilih warna?

Tentu tidak, karena setiap warna memiliki karakternya masing-masing.

Warna biru sering disebut sebagai warna korporat karena begitu banyak perusahaan yang menggunakan warna biru. Hal ini dikarenakan warna biru memberi kesan profesional dan kepercayaan.

Warna hijau sangat identik dengan alam sehingga mampu memberi suasana santai dan tenang. Selain itu memberi kesan perbaharuan yang ingin terus berkembang, seperti aplikasi mobile yang terus berkembang.

Warna kuning bermakna perhatian, optimistis, ceria, dan bersemangat. bisa jadi nilai inilah yang ingin disalurkan dalam Google Mobile Leadership Program Indonesia.

Sekarang giliran Anda untuk menemukan warna Anda seindiri, sebagai referensi baca Cara Mengoptimalkan Penggunaan Warna yang Harmonis.

4. Penggunaan Icon

simbol

Jika saya amati, penggunaan icon / simbol mulai menjadi tren tersendiri dalam mendesain slide dewasa ini. Apalagi jika tidak ada gambar yang bisa mewakili, icon jadi pilihan yang tepat.

Beberapa waktu lalu saya juga menulis tentang Contoh Presentasi Marketing Produk yang memanfaatkan icon sehingga lebih menarik.

Anda bisa mendapatkan icon yang menarik seperti slide diatas secara gratis, ada banyak website yang menyediakan icon atau symbol seperti fancyicons, iconspedia dan iconfinder.

5. Penggunaan Grafik

grafik 2Salah satu hal penting yang sering dilupakan adalah mengoptimalkan tampilan grafik. Grafik yang baik akan mudah difahami bahkan dalam waktu yang singkat.

Lihatlah Google, dia tahu benar bagaimana data bisa difahami dengan cepat oleh audiens tanpa perlu berfikir keras. Menampilkan slide yang sederhana dengan fokus pada pesan utama yang di tonjolkan.

Slide di atas menerapkan tiga komponen penting dalam mendesain grafik yang efektif yaitu background, data & emphasis.

Jika anda ingin menampilkan garfik kedalam slide maka tentukan dulu apa pesan utama yang ingin anda sampaikan lalu tonjolkan pesan tersebut.

Saya rasa 5 insight diatas bisa jadi referensi berharga untuk anda mendesain slide presentasi kelas dunia se-level perusahaan Google dan yang terpenting Anda mau praktik.

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *