Panduan Tipografi untuk Mendesain Slide Presentasi Profesional

panduan tipografi font slide presentasi keren

Setiap font memiliki karakter masing-masing.

Ada font yang memiliki karakter santai, informal, dan bersahabat, tetapi ada juga font yang memiliki karakter formal, tegas, dan berwibawa.

Anda harus memahami jenis dan karakter font sehingga bisa menggunakannya secara tepat.

Ketika Anda melatih diri untuk melihat perbedaan tersebut, Anda dapat membuat pilihan yang lebih baik tentang font yang paling tepat untuk presentasi Anda.

Saya yakin Anda pasti merasakan perasaan yang berbeda ketika membaca sebuah teks dengan font Times New Roman (terasa formal, kaku) dan teks yang menggunakan font Comic Sans (terasa santai, informal).

Artinya secara tidak sadar Anda bisa merasakan bahwa setiap font memang memiliki karakter yang berbeda.

Aturan 3 Detik

Pernah melihat iklan billboard di tepi jalan?

Secepat apa Anda mampu memproses pesan yang disampaikan dalam billboard tersebut?

lihatlah billboard yang didesain secara profesional, mereka mampu mendesain tampilan billboard dengan sangat baik sehingga pesannya bisa diterima dalam 3 detik.

slide presentasi mcdonalds billboard
photo credit: http://imgarcade.com/

Slide presentasi adalah “Media sekilas” tanyakan pada diri Anda apakah pesan Anda dapat diproses efektif dalam waktu tiga detik.

Ini penting karena audiens harus dapat dengan cepat memastikan makna sebelum perhatian mereka kembali berbalik mendengarkan penjelasan presenter.

Dalam desain slide termasuk tipografi jangan hanya berfikir font apa yang bagus untuk digunakan, tapi lebih tekankan pada pertanyaan:

Apakah pesan dalam slide Anda dapat diterima dengan baik oleh audiens?

Jenis Font Untuk Presentasi

Secara umum jenis font ada banyak, tapi kali ini saya ingin membahas font jenis Serif dan Sans Serif.

Kenapa kedua jenis font tersebut?

Karena font jenis ini sering saya gunakan di dalam slide presentasi dan masing-masing memiliki karakter yang sangat berbeda.

Ketika membaca buku Nancy Duarte Slide:ology saya jadi tersadar ternyata terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara font Serif dan Sans Serif.

Perhatikan gambar di bawah ini, terlihat perbedaan yang mencolok dari garis tengah dan tinggi huruf. Selain itu, pada bagian yang saya lingkari terdapat lekukan dan ada perbedaan gelembung huruf.

font slide presentasi keren alexei kapterev1. Font Serif

Font Serif cocok digunakan untuk kalimat dengan urutan panjang melebihi satu baris. Serif memiliki kaki-kaki kecil atau lekukan di ujung-ujung huruf.

Lekukan inilah yang akan memandu mata untuk terus berada dalam baris teks. Masing-masing font memiliki bobot garis yang berbeda dan bervariasi.

Hal ini akan membantu mata untuk membaca teks lebih cepat. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Serif membuat orang betah untuk membaca teks lebih dari satu baris.

Selain itu Serif juga memberi kesan dekoratif pada layar lebar dan memiliki karakter yang lebih tegas dan profesional.

Karakter font serif melambangkan intelektualitas, mencerminkan sebuah organisasi, menampilkan keangguan, bersifat serius dan konservatif.

Sedangkan untuk slide, Serif sangat cocok digunakan untuk presentasi di perusahaan atau lembaga formal karena memiliki kesan profesional.

Contoh font dalam kelompok serif seperti Times New Roman, Garamond, Book Antiqua, Bitstream, Palatino Linotype, Bookman Old Style, Calisto MT, Dutch, Euro Roman, Georgia, Pan Roman, Romantic, Souevenir, Super French, Bodoni, Americana dan lain-lain.

2. Font Sans Serif

Lain halnya dengan font Sans Serif. “Sans” sendiri berarti “tanpa”. Dengan kata lain, Sans Serif dapat diartikan sebagai font yang tidak memiliki lekukan atau kaki-kaki di ujung-ujungnya.

Bentuk hurufnya lebih besar, lebih berani, dan lebih mudah dibaca.

Font jenis Sans Serif biasanya dipakai untuk buku-buku yang membutuhkan kesederhanaan, misalnya buku anak karena Sans Serif juga memiliki sifat ringan di visualnya.

Tapi saya pribadi lebih suka menggunakan font Sans Serif untuk judul atau untuk kalimat-kalimat pendek.

Sementara untuk slide, Sans Serif cocok digunakan untuk slide yang menampilkan sedikit teks dengan audiens yang beragam seperti presentasi untuk publik karena sifat font ini yang kurang formal, lebih mengesankan karakter hangat dan bersahabat.

Contoh font dalam kelompok Sans Serif seperti Arial, Futura, Avant Garde, Century Gothic, Helvetica, Arial Narrow, Tahoma, Trebuchet MS, Comic Sans, Verdana dan lain-lain.

Ini adalah beberapa jenis font dan karakter yang saya ambil dari buku Slide:ology (arti dalam bahasa Inggris tetap dipertahankan supaya tidak terjadi salah persepsi).

font slide presentasi kerenAnda bisa menggabungkan kedua jenis font ini ke dalam slide presentasi, tapi perhatikan juga kepada siapa presentasi tersebut ditujukan sehingga font yang digunakan dapat sesuai.

Sebenarnya masih banyak jenis font Serif dan Sans Serif, kebetulan font di atas sudah tersedia di program Microsoft Office tanpa Anda perlu meng-install-nya lagi.

Tips Memilih Font Terbaik Untuk Presentasi

1. Gunakan Font yang Sesuai dengan Tema Presentasi

Coba Anda amati sendiri presentasi Anda in ditujukan untuk siapa, apakah untuk perusahaan, teman atau public?

Tentu akan berbeda font yang digunakan untuk presentasi di perusahaan dengan presentasi dunia pendidikan atau untuk anak-anak sekolah.

Sesuaikan font yang ingin Anda gunakan dengan mood dan feel dari presentasi yang ingin Anda munculkan.

Pelajari kembali personality font minimal font serif dan sans serif sehingga Anda bisa menggunakannya secara tepat.

2. Gunakan Font yang Mudah Terbaca (di Layar Proyektor)

Tak semua font akan mudah terbaca, font sudah bagus tapi audiens sulit membaca rasanya presentasi Anda akan jadi kurang baik.

Menurut pakar tipografi Jessica Hische ada bisa menggunakan tes il1 untuk mengetahui apakah font tersebut mudah terbaca atau tidak.

Jika Anda menggunakan font serif umumnya memiliki karakteristik yang lebih berbeda, tapi ini tidak selalu terjadi dengan font sans-serif.

Cara kerjanya sederhana, Anda hanya perlu membandingkan 3 karakter font yaitu huruf ‘i’ besar (I), huruf ‘el’ kecil (l) dan angka ‘satu’ (1).

Jika Anda tidak bisa mengatakan perbedaan antara karakter ini, Anda mungkin mengalami beberapa masalah ketika membaca teks,

Detailnya perhatikan tabel berikut ini :

font presentasi the Il1 rule jessica hische
photo credit: http://jessicahische.is/thinkingthoughts

Perhatikan tabe diatas, Anda akan tahu font Gill Sans salah satu font yang kurang baik dalam membedakan angka 1, huruf L dan huruf i. Silahkan lakukan percobaan sendiri dengan jenis font yang sering Anda gunakan.

3. Gunakan 2 Jenis Font Dalam 1 Layar Slide

Ini bukanlah aturan baku yang harus Anda ikuti tapi inilah yang sering saya lakukan, saya sering mengoptimalkan 2 jenis font untuk satu layar slide.

Contoh slide dibawah ini, font pertama (Bebas Neue) sebagai kata kunci/ penekanan pesan dan font yang kedua (Lobster Two) sebagai pelengkap/ penjelas.

transparan 2

Yang harus Anda lakukan sekarang adalah mencoba dan berkreasi dengan font yang sesuai dengan presentasi yang ingin Anda sampaikan.

Panduan ini akan membantu Anda untuk memahami lebih detail tentang tipografi slide presentasi sehingga Anda akan mampu mengoptimalkan tampilan slide walau hanya dengan menggunakan font.

Bab 1 Mendesain Slide Presentasi Hanya Menggunakan Font

Siapa bilang mendesain slide tidak bisa menarik kalau hanya berupa text, para pakar presentasi dunia telah membuktikannya. Anda bisa mendesain slide yang menarik walau hanya menggunakan font. BACA BAB 1

Bab 2 Cara Download dan Install Font Custom

Jika Anda sudah mulai bosan dengan font yang monoton dan ingin berkreasi maka gunakanlah font custom, tidak harus membeli mahal karena Anda bisa mendapatkannya secara gratis. BACA BAB 2

Bab 3 10 Website Terbaik Tempat Download Font Keren

Tidak perlu pusing mencari font custom, saya telah merangkumnya dalam 10 website terbaik yang bisa menjadi referensi untuk menemukan font yang sesuai dengan presentasi yang Anda sampaikan. BACA BAB 3

Bab 4 Cara Menempatkan Text dengan Kombinasi Gambar

Kebanyakan presenter hanya menempatkan beberapa teks ke slide mereka tanpa berpikir banyak tentang hal itu, yang penting ada text dan gambar. Ikuti 5 metode praktis ini untuk memperbaiki cara Anda menempatkan teks. BACA BAB 4

Sudah siap?
MULAI DARI BAB 1

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *