Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi + 6 Teknik Terbaru

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek GradasiBeberapa waktu yang lalu salah satu alumni program private Slide Design Mastery bertanya tentang tentang cara membuat presentasi yang menarik dengan efek gradasi, karena lama tidak praktik sehingga lupa.

Akhirnya saya terfikirkan untuk menulis tutorial cara membuat presentasi yang menarik dengan efek gradasi, sambil menjawab pertanyaan beliau semoga tutorial ini bisa jadi panduan juga untuk Anda yang ingin memaksimalkan tampilan slide powerpoint.

Optimasi Gambar

Anda tidak perlu melakukan optimasi gambar jika slide Anda gunakan sudah bisa menyampaikan pesan dengan baik, yang terpenting Anda tahu alasan kenapa seperti ini, kenapa seperti itu, bukan asal edit tanpa tahu fungsinya.

Tujuan dari optimasi gambar adalah untuk menyelesaikan masalah bukan sekerdar untuk variasi atau hiasan. Ini adalah beberapa permasalahan yang sering kita alami ketika ingin menggunakan gambar pada slide presentasi

  • Bingung meletakan text karena tidak ada ruang kosong pada gambar
  • Ukuran yang terlalu kecil jika diperbesar gambar pecah/ tidak jelas
  • Bentuk gambar yang tidak sesuai, butuhnya horisontal tapi dapatnya vertikal

Semua permasalahn tersebut bisa Anda atasi dengan teknik optimasi gambar, ini adalah teknik melakukan editing terhadap gambar dengan memanfaatkan shapes sehingga tampilan slide lebih optimal.

Semua proses editing bisa Anda lakukan hanya menggunakan Powerpoint sehingga Anda tidak perlu software editing seperti Photoshop atau yang lainnya. Baca juga panduan cara cepat membuat materi presentasi.

1. Teknik Gradasi

Seringkali kita mendapatkan gambar yang hanya memiliki sedikit ruang untuk meletakan text atau Anda mengalami kesulitan untuk memoles bagian gambar yang ingin ditutupi/ ditambahi. Maka efek gradasi bisa jadi alternatif.

Efek gradasi adalah efek yang biasa digunakan untuk “menyatukan” antara gambar dan background sehingga slide terlihat lebih serasi, efek ini seringkali juga saya gunakan untuk menciptakan ruang kosong untuk tempat teks.

BeforeCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Power Point afterCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Power Point

Untuk mendesain slide powerpoint dengan efek gradasi Anda hanya perlu melakukan 3 langkah mudah berikut ini, saya membuat tutorial ini dengan Microsoft PowerPoint 2010.

Langkah 1 Insert Shapes:

Pastikan Anda sudah membuka program Microsoft PowerPoint & insert gambar kedalam slide pastikan posisinya seperti gambar awal diatas.

Insert Shapes: klik insert → shapes → pilih shape berbentuk persegi (rectangles)

Letakkan shape menutupi sebagian gambar, hilangkan garis tepinya dengan klik pada shape → pilih menu format → shape outline → no outline

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Power Point

Langkah 1 Insert Shapes: Tampilan slide setelah insert shares bentuk persegi

Langkah 2 Efek Gradasi:

Sekarang Anda akan mengubah shape tadi memiliki efek gradasi. Untuk Anda yang memakai  2007 tampilan layar PowerPoint-nya akan berbeda tapi jika Anda mengikuti intruksi langkahnya maka hasilnya akan tetap sama.

Efek Gradasi: klik kanan pada shape → format shape → fill → gradient fill → type (linear) → direction (linear right)

Jika Anda sudah melakukan langkah diatas maka tampilan shape sudah berubah menjadi beberapa warna, tugas Anda memastikan hanya tersisa 2 warna. Pada gradient stops pastikan hanya tersisa stop 1 & stop 2. Hapus stop yang lain dengan cara klik remove.

Sekarang hanya tersisa stop 1 & stop 2. Klik stop 1 → color (pilih warna terserah Anda) → klik stop 2 → color (pilih warna sesuka Anda)

Ubah stop 2 menjadi transparan 100%. Klik stop 2 → transparency (100%) → close

Tutorial presentasi power point: cara membuat efek gradasi by TrainingPresentasi.net

Langkah 2 Efek Gradasi: Pengaturan warna & transparansi adalah kunci membuat efek gradasi

Langkah 3 Ubah Background:

Sekarang langkah terakhir untuk menjadikan tampilan slide Anda menjadi terlihat menyatu dengan gambar.

Ubah Background: klik kanan pada slide → format background → fill → solid fill → color (ubah warna, warna harus sama dengan warna pada stop 1) → close

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Power Point

Langkah 3 Ubah Background: Tampilan slide setelah background disamakan dg stop 1.

Anda telah berhasil membuat efek gradasi. Sekarang tampilah slide Anda telah menyatu, saran saya sesuaikan warna dengan gambar sehingga slide terlihat lebih serasi.

2. Teknik Transparan

Ketika mencari gambar saya sering mendapatkan gambar yang barus dan sesuai dengan isi pesan tapi saya ketika saya menuliskan text hasilnya tidak bisa terbaca jelas.

Saya tidak ingin menutupi gambar tersebut, saya ingin gambarnya terlihat sempurna dan text tetap dapat dibaca dengan jelas, kemudia saya menggunakan teknik transparan.

Teknik transparan berfungsi untuk menonjolkan supaya jelas saat dibaca tapi tetap memperlihatkan gambar background secara utuh. Anda hanya perlu menutup sebagian atau seluruh gambar tanpa perlu khawatir kalau gambar tidak terlihat.

Untuk mempermudah Anda memahami cara mengaplikasikan teknik transparan didalam slide presentasi, saya telah membuat sebuah video tutorial berduarasi 3 menit 43 detik, Anda bisa pelajari dulu video ini.

Sebelum melanjutkan silahkan ditonton terlebih dahulu karena penjelasan saya selanjutnya akan sangat berhubungan dengan isi video tutorial ini.

Catatan:
Video tutorial diatas adalah 1 sari 22 video tutorial lain yang saya buat, untuk 22 video tutorial yang lain bisa di dapatkan di PakarPresentasi.com (klik disini)

Ini adalah contoh aplikasi teknik transparan yang saya gunakan untuk membantu klien saya mendesain slide presentasi Prudential.

BeforeCara Membuat Slide Presentasi Prudential afterCara Membuat Slide Presentasi Prudential

Untuk mendesain slide presentasi Prudential seperti di atas berikut ini langkah-langkah yang saya gunakan.

Langkah 1 Insert Shapes:

Insert gambar kedalam slide pastikan posisinya menutupi sebagian gambar atau bisa juga menutupi seluruh gambar (terserah anda).

Insert Shapes: klik insert → shapes → pilih shape berbentuk persegi (rectangles)

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan PowerPoint

Langkah 1 insert shapes bentuk persegi

Letakkan shape menutupi gambar, hilangkan garis tepinya dengan klik pada shape → pilih menu format → shape outline → no outline

Langkah 2 Efek Transparan:

Salam kasus ini saya memilih untuk menutup sebagian gambar, sekarang Anda akan mengubah shape tadi memiliki efek transparan.

Efek Transparan: klik kanan pada shape → format shape

Jika sudah muncul gambar seperti di bawah ini pilih → fill → solid fill → color (pilih warna yang anda gunakan) → transparency (biasanya saya 50%/tergantung kebutuhan) → close

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan PowerPoint

Langkah 2 efek transparan: transparansi adalah kunci membuat efek transparan

Perhatikan bagian yang saya beri lingkaran merah, silahkan atur transparency sesuai dengan kebutuhan, rentan yang sayang digunakan antara 25% sd. 75%. Sekarang tampilan shape sudah berubah menjadi transparan, Anda hanya perlu menambahkan text utuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

3. Teknik Lingkaran

Fungsinya hampir sama dengan teknik gradasi, kalau efek gradasi biasa digunakan untuk “menyatukan” efek shape lingkaran biasa digunakan untuk “menambal” gambar supaya tampilanya memenuhi layar slide.

Anda hanya perlu menggunakan 2 shapes oval dengan optimasi warna yang berbeda untuk menampilkan slide seperti dibawah ini.

BeforeCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan PowerPoint afterCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan PowerPoint

Jika Anda sudah praktik dua tutorial diatas rasanya saya tidak perlu lagi membuat detai tutorial untuk teknik lingkarang karena prinsipnya sama yaitu menggunakan shape oval kemudian di edit dengan format shape.

Langkah Shapes Oval:.

Insert Shapes: klik insert → shapes → pilih shape berbentuk lingkaran (oval)

Letakkan shape menutupi gambar hingga keluar kotak slide kemudian hilangkan garis tepinya dengan klik pada shapes → pilih menu format → shape outline → no outline

Buat satu lagi dengan cara yang sama tapi ukuranya lebih besar/ bisa dengan copy paste shape yang sudah ada.

supaya tampilan lingkaranya terlihat setengah Anda tidak perlu memotongnya, karena apapun yang berada diluar slide tidak akan terlihat oleh audiens.

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan PowerPointSeperti itulah tampilan sebenarnya, tetap terlihat bentuk lingkaran (oval) secara penuh. Ingat, yang dilihat audiens adalah kondisi slide show, bukan kondisi pada saat Anda mendesain slide.

4. Teknik Cloud

Apa hubungan antara slide dan awan (cloud)? tentu saja hubunganya baik-baik saja, hehehe…

yang pernah baca komik Ini seperti awan berpikir/ awan dialog pada komik dan teknik cloud memang terinspirasi dari komik karena hal itu terlihat sangat visual, sangat hidup.

Suasana hidup itulah yang akan Anda dapatkan di dalam presentasi jika Anda berkomunikasi dengan teknik cloud, bukan sekadar menulis teks melainkan mengajak audiens untuk berdialog.

Powerpoint telah menyediakan shape cloud dengan beberapa model, Anda bisa memilih sesuai selera, yang paling penting penggunaan dan konteksnya tepat sehingga tampak memukau.

cloud untuk judul presentasi
Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Cloud
cloud untuk quote
Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Cloud
cloud untuk pernyataanCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi cloud untuk dialogCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi

Sebagai tambahan, teknik ini lebih cocok untuk memperkuat slide yang menonjolkan ajakan, pertanyaan, pernyataan, bahkan dialog di dalam slide.

Selain itu juga cocok digunakan untuk slide yang memuat quote sehingga terkesan bahwa si pemilik quote-lah yang langsung mengatakannya, bisa juga digunakan di judul atau untuk menuliskan narasi yang ingin dibacakan.

Langkah Shapes Cloud:.

Insert Shapes: klik insert → shapes → pilih kumpulan callouts (perhatikan yang saya lingkari merah)

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek GradasiPilih salah satu, untuk menghilangkan garis tepinya dengan klik pada shapes → pilih menu format → shape outline → no outline

Ketika saya praktik menggunakan teknik ini di dalam slide, ternyata hasilnya cukup efektif untuk mengambil perhatian dan mengajak audiens untuk berpikir.

5. Teknik Fokus

Teknik fokus sangat berguna ketika Anda ingin membawa emosi audiens pada tingkatan yang lebih dalam atau mengambarkan sesuatu yang lebih penting.

Misalnya Anda ingin membuat audiens lebih memperhatikan seseorang, produk, atau objek yang ada di dalam sebuah gambar.

Dengan teknik fokus, Anda secara tidak langsung memerintahkan audiens untuk memahami lebih dalam tanpa Anda perlu memerintah secara lisan (langsung), tanpa audiens sadari bahwa mereka sedang diperintah.

beforeCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi afterCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi

Yang perlu Anda perhatikan adalah pada titik mana yang ingin menjadi fokus Anda, karena teknik ini sangat bergantung pada fokus pesan yang ingin ada sampaikan.

Perbedaan isi pesan akan mempengaruhi letak fokus gambar, penekanan pesan dan isi pesan yang diterima audiens.

Langkah Teknik Fokus:.

Insert Picture: klik insert → picture → pilih gambar yang digunakan

Anda sudah memiliki satu gambar, gambar yang pertama ini akan digunakan sebagai backgroud (bagian gelap). Sekarang ubah gambar menjadi gelap

klik kanan pada gambar → format picture → picture color → Recolor (saya pilih sepia)

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Fokus

Perhatikan sekarang warna gambar sudah berubah menjadi gelap, sekarang masukkan lagi gambar ke-2 yang sama dan taruh tepat diatas menutupi gambar ke-1.

Jika sudah sekarang potong gambar ke-2 menjadi bagian yang lebih kecil, klik pada gambar ke-2 → pilih menu format →crop → atur area yang ingin di hilangkan.

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek FokusTerakhir berikan garis tepi untuk memberikan efek pembeda antara gambar ke-1 dan gambar ke-2. klik pada gambar ke-2 → pilih menu format → picture border → weight → pilih warna garis tepi (gunakan warna cerah)

Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Fokus

Sebaiknya Anda sambil pegang laptop, buka Powerpoint dan langsung praktik, kalau hanya dibaca saya bisa jadi Anda belum paham atau malah tambah pusing.

6. Teknik Pencahayaan

Sebenarnya teknik ini hampir sama dengan teknik fokus, fungsinya pun sama yaitu memberi penekanan pesan pada seseorang, produk, atau objek yang ada di dalam gambar sehingga audiens lebih berfokus dalam menerima pesan.

Perbedaannya, teknik pencahayaan memanfaatkan arah cahaya sehingga objek yang menjadi fokus utama seperti terkena sinar.

beforeCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi afterCara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi

Langkah Teknik Pencahayaan:

Kalau Anda sudah praktik teknik fokus saya jamin Anda sudah bisa melakukan teknik pencahayaan karena prinsip kerjanya sama yaitu menggunakan 2 gambar dan memanfaatkan fungsi crop.

Jadi tidak perlu saya jelaskan detail. Untuk efek cahaya yang datang dari atas menggunakan shape bentuk segitiga dengan transparency 50%.

7. Teknik Komposisi Shape

Di luar teknik yang telah disebut di atas, sebenarnya Anda bisa mendesain shape sesuka Anda dalam berkreasi. Saya pun sering melakukannya demi menjadikan slide presentasi lebih menarik, selain untuk memudahkan.

Saya menyebut teknik ini sebagai kombinasi shape. Sesuai dengan namanya, Anda pun bisa mengombinasikan shape sesuka Anda & Ini sangat tergantung kreatifitas masing-masing individu.

Berikut adalah beberapa kombinasi yang sering saya gunakan, dengan shape lines yang bisa dikreasikan sesuai imajinasi.

sebagai ganti bullet point
Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi
untuk memperkuat pesan
Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi

Langkah Teknik Komposisi Shape:

Anda hanya perlu praktik dari teknik ke 1-6, jika itu sudah dilakukan maka otomatis kreatifitas Anda sudah berkembang dan tanpa disadari Anda sudah bisa membuat kombinasi shape Anda sendiri.

Dari pembaca blog TrainingPresentasi.net saya tahu dua jenis orang:

  1. Mereka membaca dari awal kemudian praktik dan membuktikan bahwa mereka benar-benar bisa medesain slide presentasi yang menarik.
  2. Mareka hanya scan (tidak membaca), kalaupun membaca tidak mau praktek karena menurutnya ini hanya sekedar just info, hasilnya tidak ada manfaat yang mereka peroleh dari membaca artikel ini

Saya harap Anda jadi tipe yang pertama dan setelah praktik dan berhasil tolong kabari saya dengan kirim email ke mustofathovids@gmail.com

Anda masih kesulitan mengikuti panduan diatas? untuk membatu Anda belajar, saya sudah siapkan Paket DSP yang berisi kumpulan slide inspiratif dan bisa di download secara gratis & jangan lupa bergabung di Group FB Belajar Presentasi

Anda sudah menyelesaikan 4 dari 5 bab

KEMBALI KE BAB 3
DAFTAR ISI
LANJUT KE BAB 5

Mau Dikirimkan Artikel Seperti Ini via Email?
Lebih dari 13.729 orang telah bergabung, Anda akan belajar bagaimana menyampaikan presentasi memukau dan mendesain slide presentasi yang profesional langsung ke email anda. Tidak dipungut biaya.
We hate spam. Your email address will not be sold or shared with anyone else.

Ada pertanyaan atau komentar?

8 comments on “Cara Membuat Presentasi yang Menarik dengan Efek Gradasi + 6 Teknik Terbaru
  1. Makasih tutorialnya, mau tanya pada teknik focus, bagaimana cara gambar yang sudah dicrop kemudian dirotate bingkai focusnya tanpa berputar gambarnya, seperti contoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download Gratis
E-Book & 5 Slide Presentasi Profesional

Silahkkan masukan nama dan email Anda di form registrasi berikut ini untuk menerima link download yang akan dikirim langsung ke email Anda